Ormas GP Ansor dan Banser Tantang Jamaah Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah Saat Membubarkan

Ormas GP Ansor dan Banser Tantang Jamaah Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah Saat Membubarkan

Ormas GP Ansor dan Banser Tantang Jamaah Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah-Ist-

RADAR JABAR - Tindakan menolak dan membubarkan ceramah Ustaz Syafiq Basalamah telah menimbulkan kontroversi. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar, Surabaya, Asyiqun Nahdli, Ustaz Syafiq Basalamah dituduh memiliki kaitan dengan HTI.

Diketahui, agenda ceramah Ustaz Syafiq Basalamah seharusnya dilaksanakan di Masjid Assalam Purimas Surabaya pada Kamis, 22 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.

Menurutnya, ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Syafiq Basalamah sebagai seorang doktor dalam bidang Dakwah dan Ushuluddin dari Universitas Islam Madinah, dinilai memiliki ciri-ciri radikal.

"Gunung Anyar tolak HTI! Kami (PAC GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar) keberatan atas acara Tablig Akbar di masjid Assalam Purimas Kota Surabaya. Ustadz Riza Syafiq Hasan Basalamah terindikasi radikal," tulisnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat, 23 Februari 2024.

BACA JUGA:Militer Israel Edarkan Selebaran dengan Tawaran Hadiah untuk Informasi Mengenai Hamas

Asyiqun menyatakan bahwa Gunung Anyar, Surabaya, dikenal sebagai tempat berkembangnya pesantren dan pusat keberadaan ulama dari Nahdlatul Ulama (NU).

Kehadiran Ustaz Syafiq Basalamah dalam mengisi acara pengajian di Masjid Assalam dianggap memiliki potensi untuk menimbulkan ketegangan.

Seperti yang terjadi, sebelum acara pengajian dimulai, kedatangan Ustaz Syafiq telah ditolak dan acara tersebut dibubarkan oleh ormas GP Ansor.

GP Ansor membenarkan tindakan penolakan dan pembubaran pengajian Ustaz Syafiq Basalamah dengan alasan menjaga keharmonisan di Gunung Anyar.

BACA JUGA:Mahfud MD Nyatakan Informasi Alutsista Bukan Kategori Rahasia Negara

"Wilayah gunung anyar merupakan lumbung pesantren gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin, pasti akan memunculkan konflik dan riak-riak di masyarakat maka dari itu kita perlu melakukan penolakan secara dini karena dapat mengganggu keharmonisan di wilayah gunung anyar," terang Asyiqun.

Ceramah Ustaz Syafiq Dianggap Radikal

Asyiqun menyatakan bahwa dia tidak memiliki masalah pribadi dengan Ustaz Syafiq sebagai seorang pendakwah.

Namun, dia tidak sependapat dengan pendekatan dakwah yang disampaikan oleh Ustaz Syafiq. Menurutnya, dalam ceramahnya, Ustaz Syafiq Basalamah sering kali terlibat dalam penghakiman terhadap kelompok lain.

Sumber: