Menjaga Keseimbangan Gula Darah dengan 5 Sayuran Ajaib Ini, Bagus Untuk Menurunkan Gula Darah

Menjaga Keseimbangan Gula Darah dengan 5 Sayuran Ajaib Ini, Bagus Untuk Menurunkan Gula Darah

Sayuran yang dapat menurunkan gula darah-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Gula darah, atau glukosa darah, adalah jenis gula yang terdapat dalam aliran darah manusia.

Glukosa merupakan sumber utama energi bagi sel-sel tubuh dan merupakan komponen penting dalam menjaga fungsi normal otak, otot, dan jaringan lainnya.

Glukosa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi, terutama karbohidrat yang terurai menjadi glukosa selama pencernaan.

Kurang seimbangnya gula darah dalam tubuh dapat mengakibatkan Gangguan gula darah, terutama diabetes, menjadi masalah kesehatan yang semakin umum di masyarakat modern.

Untuk mengelola gula darah dengan lebih baik, penting untuk memilih makanan yang tepat. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memasukkan lebih banyak sayuran dalam pola makan sehari-hari.

 

Berikut adalah 5 sayuran yang terbukti membantu menurunkan gula darah:

 

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan seratnya membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, bayam juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh.

 

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasannya Mengapa Pengidap Diabetes Lebih Beresiko Mengalami Katarak

 

2. Kubis

Kubis, baik itu kubis hijau, merah, atau putih, merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dan rendah kalori. Kubis mengandung senyawa sulforaphane yang telah terbukti dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu dalam pengelolaan gula darah. Selain itu, kubis juga mengandung vitamin C dan K yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran cruciferous yang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Konsumsi brokoli secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Senyawa sulforaphane dalam brokoli juga telah diteliti karena kemampuannya dalam meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi resistensi insulin.

4. Wortel

Wortel merupakan sumber beta-karoten yang baik, yang merupakan prekursor vitamin A. Selain itu, wortel juga mengandung serat yang membantu mengatur penyerapan gula darah dan memperlambat pencernaan. Konsumsi wortel secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

5. Buncis

Sumber: