Prakiraan Cuaca Hari Ini Sabtu 3 Februari 2024: Sebagian Besar Indonesia Berawan

Prakiraan Cuaca Hari Ini Sabtu 3 Februari 2024: Sebagian Besar Indonesia Berawan

Ilustrasi cuaca berawan-Simon-Tangkapan layar via Pixabay

Radar Jabar – Cuaca di sebagaian besar wilayah Indonesia diprakirakan akan berawan hari Sabtu 3 Februari 2024. Hal tersebut merupakan prakiraan cuaca hari ini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 

BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca ini via laman resmi www.bmkg.go.id, pada Sabtu. Cuaca berawan diprakrikarakan melanda sejumlah daerah yaitu Jakarta, Pontianak, Palangka Raya, Semarang, Serang.

 

Tidak hanya itu, daerah lain seperti Ambon, Denpasar, Kupang, Jayapura, Mamuju, Manokwari, Mataram, dan Padang juga diprakirakan akan cuaca berawan.

 

Selain itu BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan terjadi pada beberapa daerah. Itu mulai dari Banda Aceh, Bandung, Gorontalo, Jambi, Kendari, Medan, Lampung, Palembang, Palu, Pangkalpinang, Surabaya, Sofifi, dan Tanjung Pinang.

 

Adapun wilayah Banjarmasin, Bengkulu, Makassar, Manado, Pekanbaru, Samarinda, serta Tanjung Selor, diprakirakan dilanda hujan berintensitas ringan.

 

BMKG mengeluarkan informasi prakiraan cuaca harian di setiap daerah di Indonesia pada pagi hari. Sementara sola prakiraan cuacanya dilakukan oleh seorang forecaster atau prakirawan cuaca.

 

Lalu teknologi pemodelan prediksi cuaca berbasis computer, model Numerical Weather Prediction (NWP), turut membantu pembuatan prakiraan cuaca.

 

Sumber: Antara dan Kompas.com.

Sumber: