8 Mitos Menstruasi di Indonesia yang Perlu Diketahui Faktanya!

8 Mitos Menstruasi di Indonesia yang Perlu Diketahui Faktanya!

Ilustrasi--Freepik

Memotong kuku adalah bagian dari perawatan pribadi dan tidak ada kaitannya dengan menstruasi.

6. Tidak Boleh Berenang saat Menstruasi

Mitos ini menganggap berenang saat menstruasi bisa berbahaya. Nyatanya, dengan penggunaan tampon atau menstrual cup, berenang tidak menjadi masalah.

Berenang juga tidak mempengaruhi siklus atau aliran menstruasi.

7. Tidak Boleh Minum Minuman Dingin saat Menstruasi

Ada anggapan bahwa minum minuman dingin selama menstruasi bisa mengganggu siklus. Faktanya, suhu minuman tidak berpengaruh pada menstruasi.

Penting untuk tetap terhidrasi, baik dengan minuman hangat maupun dingin.

8. Tidak Boleh Makan Daging saat Menstruasi

Mitos ini menyatakan bahwa mengonsumsi daging selama menstruasi dapat mengganggu prosesnya. Sebaliknya, daging yang kaya protein dan zat besi bisa sangat bermanfaat untuk menggantikan zat besi yang hilang selama menstruasi.

BACA JUGA:Rekomendasi Buah-Buahan yang Bagus untuk Kesehatan dan Saat Menstruasi Supaya Lancar Tidak Sakit

Pentingnya Pemahaman yang Benar

Menghadapi menstruasi dengan pemahaman yang benar sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan perempuan. Kesalahpahaman dan mitos dapat menyebabkan kecemasan dan praktek yang tidak sehat.

Edukasi yang tepat tentang menstruasi membantu mengurangi stigma dan memungkinkan perempuan untuk menghadapi menstruasi dengan lebih percaya diri dan nyaman. Menyikapi menstruasi dengan cara yang sehat dan informasi yang akurat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Nah itu dia mitos menstruasi di Indonesia yang perlu diketahui. Dengan mengetahui fakta dibalik mitos, dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan mendukung bagi semua perempuan.*

Sumber: