7 Masakan Jepang di Rumah yang Praktis dan Mudah Dibuat

7 Masakan Jepang di Rumah yang Praktis dan Mudah Dibuat

Onigiri, salah satu masakan Jepang di rumah yang cocok untuk bekal--Freepik

RADAR JABAR - Kuliner Jepang dikenal dengan cita rasanya yang unik dan penyajiannya yang artistik. Namun, banyak yang menganggap bahwa membuat masakan Jepang di rumah adalah tugas yang menantang.

Kabar baiknya, ada beberapa hidangan khas Jepang yang bisa Anda coba buat dengan mudah di rumah. Menu-menu ini juga tentunya sangat cocok dijadikan menu makan siang, makan malam, bahkan bekal. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi masakan Jepang di rumah yang cukup praktis untuk dimasak.

1. Onigiri (Nasi Kepal)

Onigiri adalah snack praktis yang populer di Jepang. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan nasi putih, sedikit garam, dan nori (rumput laut). Anda bisa menambahkan isi seperti tuna kalengan, umeboshi (asam Jepang), atau salmon.

Untuk cara membuatnya, Anda cukup bentuk nasi menjadi segitiga atau bulat, tambahkan isi, dan bungkus dengan nori.

BACA JUGA:7 Jenis Teh Jepang yang Paling Terkenal, Ada Matcha Hingga Gyukoru Teh Termahal

2. Tamagoyaki (Telur Gulung Jepang)

Tamagoyaki adalah omelet gulung yang manis dan gurih. Campurkan telur, gula, dan kecap Jepang dalam mangkuk. Gunakan wajan khusus Tamagoyaki atau wajan kecil biasa untuk membuatnya. Tuangkan sedikit adonan, biarkan setengah matang, lalu gulung.

Ulangi hingga adonan habis. Potong-potong sebelum disajikan.

3. Miso Soup

Sup miso adalah hidangan pembuka klasik di Jepang. Campurkan pasta miso dengan air hangat hingga terlarut. Tambahkan tahu dan wakame (rumput laut).

Untuk rasa tambahan, masukkan dashi (kaldu ikan atau rumput laut). Panaskan hingga mendidih dan hidangan siap disajikan.

4. Teriyaki Chicken

Ayam teriyaki adalah pilihan lain yang mudah dibuat. Marinasi dada ayam dengan saus teriyaki (campuran kecap, mirin, dan gula). Panggang atau tumis ayam hingga matang dan saus mengental. Sajikan dengan nasi dan sayuran.

BACA JUGA:Resep Ebi Furai: Menghadirkan Kelezatan Camilan Jepang di Rumah

5. Yakisoba (Mie Goreng Jepang)

Yakisoba adalah mie goreng dengan saus yang khas. Gunakan mie Yakisoba atau mie ramen sebagai pengganti. Tumis sayuran dan daging pilihan, tambahkan mie dan saus Yakisoba (campuran kecap, oyster sauce, dan sedikit gula), dan goreng hingga semua bahan tercampur rata.

6. Katsu Don (Nasi dengan Daging Berlapis Tepung)

Katsu Don merupakan nasi dengan topping daging berlapis tepung yang garing. Buat katsu (daging berlapis tepung) dengan melapisi daging ayam atau babi dengan tepung roti dan menggorengnya hingga keemasan.

Sumber: