10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan-Ilustrasi/Shtrsck-

RADAR JABAR – Ada sederet khasiat daun bidara Arab berasal dari tanaman Bidara dengan nama ilmiah Ziziphus mauritiana L. Tanaman ini adalah jenis pohon kecil yang selalu hijau dan menghasilkan buah.

Tanaman ini tumbuh di daerah Afrika Utara, tropis, dan Asia Barat, terutama di lembah-lembah dengan ketinggian hingga 500 meter di atas permukaan laut. Bidara Arab merupakan tanaman yang jarang ditemui, terutama di Indonesia.

Daun bidara Arab mengandung berbagai senyawa kimia seperti polifenol, saponin, tanin, kuasetin, sitosterol, sterol sitosterol, alkaloid, flavonoid, dan glikosida. Semua kandungan senyawa kimia tersebut memiliki sifat farmakologis, seperti antioksidan, hepatotrof, antidiare, antimikroba, antihiperglisemik, hipoglisemik, dan antiplasmodial.

Bagi umat Islam, daun bidara dikenal sebagai daun yang digunakan untuk mengusir jin dan menangkal sihir jika dikonsumsi dengan doa yang penuh keyakinan.

10 Khasiat Daun Bidara Arab

Berikut adalah 10 manfaat daun bidara Arab untuk kesehatan dan kecantikan yang telah kami dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Sebagai antioksidan

Daun bidara dapat berperan sebagai antioksidan karena mengandung senyawa flavonoid dan fenolat. Senyawa antioksidan ini melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian oleh Rherly Kusriani dkk pada tahun 2015 menunjukkan bahwa terdapat senyawa fenol dalam daun bidara Arab, dan kandungan antioksidannya lebih baik daripada bagian akar dan buahnya.

BACA JUGA:8 Manfaat Mengkonsumsi Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Antioksidan dapat menguatkan kekebalan tubuh, melindungi dari flu, virus, dan infeksi, serta mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Selain itu, antioksidan juga membantu melawan penuaan sel dan menjaga kesehatan keseluruhan tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan senyawa dalam daun bidara Arab tidak hanya berperan sebagai antioksidan, tetapi juga terbukti meningkatkan daya tahan tubuh. Ini penting untuk mencegah penyakit yang dapat timbul akibat daya tahan tubuh yang rendah, seperti demam.

Konsumsi daun bidara Arab dapat membantu mengatasi masalah sistem kekebalan tubuh yang berkurang akibat penurunan stamina. Daun bidara Arab dapat dikonsumsi secara teratur dalam kegiatan sehari-hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Bersifat anti radang

Menurut Tropical Journal of Pharmaceutical Research, daun bidara memiliki sifat anti radang yang bermanfaat bagi tubuh. Ini berarti dapat mencegah peradangan yang terjadi akibat beberapa kondisi mendasar.

Sumber: