10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan-Ilustrasi/Shtrsck-

BACA JUGA:5 Rebusan Daun yang Ampuh Menurunkan Gula Darah

Konsumsi rutin ekstrak atau kapsul Bidara Arab, dikombinasikan dengan obat herbal lain yang terbukti dapat menurunkan kolesterol, dapat membantu mencegah serangan jantung. Daun bidara Arab mengandung beta-karoten yang dapat mengontrol kadar kolesterol tinggi, menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

9. Menyehatkan Mulut

Daun bidara mengandung senyawa kimia, termasuk protein, asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, dan zat penting lainnya. Kandungan ini menjadi salah satu faktor utama yang berkontribusi pada manfaat terbesar dari daun bidara, yaitu menyehatkan gigi dan mulut baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Ekstrak daun bidara dapat mencegah periodontitis atau karies, yang sering dialami pada usia muda, sehingga kesehatan mulut dapat terjaga.

10. Menurunkan Demam

Daun bidara merupakan bahan alami yang kaya manfaat, salah satunya adalah kemampuannya dalam menurunkan demam. Hal ini disebabkan oleh sifat analgetik dan antipiretik dari kandungan flavonoid di dalamnya.

Senyawa flavonoid tersebut bekerja melalui dua mekanisme, yaitu menghambat faktor peradangan yang dapat membuat demam menjadi lebih parah, dan mencegah peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, daun bidara dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi demam.

Itulah sederet manfaat daun bidara arab bagi kesehatan tubuh. Pastikan iringi dengan gaya hidup yang sehat dan olahraga yang cukup selain mengonsumsi tanaman bermanfaat ini.

Sumber: