10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

10 Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan Tubuh Selain Pengusir Jin

Khasiat Daun Bidara Arab untuk Kesehatan-Ilustrasi/Shtrsck-

Biasanya, tubuh yang mengalami peradangan ditandai dengan kemerahan dan peningkatan suhu tubuh, bahkan demam. Senyawa antioksidan dalam daun bidara diyakini dapat meredakan dan mencegah peradangan agar tidak semakin parah.

4. Menyehatkan pencernaan

Manfaat lain dari daun bidara adalah kemampuannya dalam mengatasi permasalahan pada lambung. Daun bidara yang dikonsumsi secara rutin juga diyakini dapat menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit lambung atau maag, daun ini dapat dijadikan obat alami yang efektif.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Jambu Biji, Bantu Meredakan Diare dan Menurunkan Kolestrol

Daun bidara dapat membantu mengobati penyakit pada sistem pencernaan tanpa memicu naiknya asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk rutin mengonsumsi air rebusan daun bidara setidaknya sekali setiap hari.

5. Mengatasi masalah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi penyakit di mana tekanan darah pada arteri meningkat, menyebabkan beban kerja yang lebih tinggi pada organ jantung. Gejala tekanan darah tinggi melibatkan sensasi pusing, rasa berat di kepala, pegal-pegal, dan rasa mual pada perut.

Daun bidara Arab memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung senyawa bernama flavonoid. Selain dapat mencegah kanker, flavonoid juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mengontrol kadar gula darah

Daun bidara Arab dapat mengontrol kadar gula darah, seperti yang dibuktikan oleh penelitian ilmiah Abdul Zahir dkk pada tahun 2005. Ekstrak butanol dari daun bidara Arab terbukti mampu mengontrol kadar glukosa pada percobaan menggunakan tikus.

Senyawa antidiabetik dalam ekstrak daun bidara bekerja melalui zat kimia khusus, memecah karbohidrat menjadi glukosa di saluran cerna. Manfaat ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi ekstrak rebusan daun bidara secara rutin.

7. Menurunkan kolesterol

Daun bidara membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam darah. Serat larut dalam air yang terkandung dalam air rebusan daun bidara dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membantu pembuangan melalui feses.

8. Mencegah timbulnya penyakit jantung

Daun bidara Arab memiliki peran penting dalam mencegah timbulnya penyakit jantung, yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit jantung disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah atau arteri oleh kolesterol yang menumpuk.

Sumber: