Basarnas Laporkan Seluruh Korban KA di Bandung Selesai di Evakuasi

Basarnas Laporkan Seluruh Korban KA di Bandung Selesai di Evakuasi

Petugas melakukan proses evakuasi korban tabrakan kereta api di wilayah Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1)--ANTARA/HO-Basarnas Bandung

RADAR JABAR - Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) di Bandung telah melaporkan bahwa proses evakuasi korban dari kecelakaan tabrakan antara dua Kereta Api (KA) di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah selesai. Empat orang meninggal dan 34 orang selamat, semua korban telah dibawa ke rumah sakit pada hari Jumat.

Hery Marantika, pimpinan Basarnas Bandung, menyatakan bahwa evakuasi korban dari tabrakan antara KA Turangga yang beroperasi di rute Surabaya-Bandung dan KA Commuter Line Bandung Raya dimulai segera setelah kecelakaan terjadi pada pukul 06.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 17.30 WIB.

"Dengan telah dievakuasinya seluruh korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai," ujar Hery.

BACA JUGA:Kemenhub Minta Maaf Terkait Insiden Kecelakaan Kereta Api di Bandung

Dia menyebutkan bahwa proses evakuasi ini melibatkan banyak entitas, tidak hanya Basarnas Bandung, tetapi juga berbagai instansi lain, termasuk PT KAI.

Dari proses evakuasi, tercatat ada empat korban yang meninggal dan kemudian dibawa ke RSUD Cicalengka.

Korban pertama yang berhasil dievakuasi oleh tim gabungan sekitar pukul 08.00 WIB adalah masinis KA Commuter Line Bandung Raya, Julian Dwi (29), diikuti oleh asisten masinis Ponisam (48) yang dievakuasi sekitar pukul 09.50 WIB.

BACA JUGA:KAI Minta Maaf kepada Konsumen Terkait Insiden Kereta Api di Bandung

Korban ketiga, Andriansyah (31), dievakuasi sekitar pukul 13.20 WIB, dan korban keempat, Enjang Yudi (40) yang merupakan Polsuska, juga telah dievakuasi.

Selain korban meninggal, terdapat 34 korban selamat dari insiden tabrakan dua KA tersebut yang dirawat di beberapa rumah sakit, termasuk Rumah Sakit AMC Cileunyi, RSUD Cicalengka, RSU Edelweis Bandung, dan RSU Santosa Bandung.

Setelah evakuasi korban selesai, Hery mengumumkan penutupan resmi Operasi SAR untuk insiden tabrakan dua KA ini, dan semua tim gabungan kembali ke kantor masing-masing.

Hery menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua yang terlibat dalam proses pencarian dan penyelamatan hingga berhasil mengevakuasi korban kecelakaan KA.

Sebelumnya, kecelakaan yang melibatkan dua KA komersial, Turangga yang beroperasi di rute Bandung-Surabaya dan KA lokal Bandung yang beroperasi di rute Padalarang-Cicalengka, terjadi di jalur dekat Stasiun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada hari Jumat, sekitar pukul 06.00 WIB.

Sumber: antara