PVMBG Pastikan Tangkuban Parahu Tidak Mengalami Peningkatan Aktivitas Vulkanik

PVMBG Pastikan Tangkuban Parahu Tidak Mengalami Peningkatan Aktivitas Vulkanik

Kondisi visual kawah Gunung Tangkuban Parahu yang saat ini masih berstatus Level I atau normal di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (8/12)--ANTARA/HO-PVMBG

RADAR JABAR - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Kementerian ESDM memastikan bahwa saat ini tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat.

 

Hendra Gunawan, Kepala PVMBG Kementerian ESDM, menyatakan bahwa Gunung Tangkuban Parahu saat ini berada dalam kondisi Level I atau normal. Pernyataan ini disampaikan di Bandung pada hari Jumat (8/12).

 

“Kami PVMBG menyatakan bahwa Gunung Tangkuban Parahu sampai saat ini dalam kondisi Level I atau normal,” ujarnya

BACA JUGA:Keluarga Pelaku dan Guru Intimidasi Leon Usai Dibully hingga Patah Tulang, SD Yuwati Bhakti jadi Sorotan

 

Sebelumnya, pada hari Kamis (7/12), beredar video yang menunjukkan adanya erupsi di Gunung Tangkuban Parahu. Hendra menyatakan bahwa pihaknya tidak menerima informasi mengenai peningkatan status gunung tersebut, yang berarti tidak ada perubahan dari Level I menjadi Level II atau status waspada.

 

Hendra menjelaskan bahwa video tersebut memang benar terjadi, namun pada tahun 2019. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh kabar mengenai peningkatan aktivitas gunung di wilayah Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kabupaten Subang.

 

“Mohon masyarakat untuk tetap tenang menanggapi beredarnya isu-isu tentang erupsi Gunung Tangkuban Parahu, mungkin foto atau video yang beredar itu adalah erupsi bulan Juli tahun 2019,” ujar Hendra.

BACA JUGA:Gaet PERPUSDA Kabupaten Indramayu KKM Desa Pringgacala Mendapatkan Bantuan Buku

 

Sumber: antara