10 Destinasi Wisata Paling Hits di Banjarmasin untuk Liburan

10 Destinasi Wisata Paling Hits di Banjarmasin untuk Liburan

Rekomendasi wisata di Banjarmasin, wisata siring (kiri), pasar terapung (kanan)-Ist-

RADAR JABAR – Kami akan memberikanmun 10 daftar rekomendasi tempat wisata paling hits di Banjarmasin untuk liburan. Banjarmasin adalah kota terbesar di Kalimantan Selatan dan bekas ibukota provinsi, meliputi wilayah seluas 98,46 km2.

Terletak di tengah-tengah Indonesia, Banjarmasin dikelilingi oleh sungai-sungai, menjadikannya dikenal sebagai "kota seribu sungai."  Kota ini berada di tepi timur Sungai Barito dan terbelah oleh Sungai Martapura yang bermuara di Pegunungan Meratus.

Banjarmasin dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa, yang memengaruhi sistem drainase kota dan memberikan karakteristik unik pada kehidupan masyarakat. Khususnya, sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi air, tujuan pariwisata, sumber perikanan, dan tempat perdagangan.

Dengan keunikan bentang alamnya, tak heran jika banyak yang memilih Banjarmasin sebagai destinasi wisata saat liburan bersama teman maupun keluarga.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Banjarmasin

Berikut adalah rekomendasi 10 destinasi wisata di Banjarmasin terpopuler untuk kamu kunjungi saat liburan nanti.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung Lok Baintan adalah pasar tradisional yang telah ada sejak zaman Kesultanan Banjar. Mirip dengan pasar terapung di muara sungai Queen dan sungai Barito, pasar ini beroperasi di atas jukung dan menjual beragam produk pertanian dan perkebunan. Mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, hingga kue tradisional.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Semarang untuk Liburan Bareng Keluarga

Pedagang di sana sebagian besar perempuan yang mengenakan tanggue, beraktivitas di pasar ini selama sekitar 3-5 jam, mulai dari jam 04.00 pagi hingga 09.30 pagi. Keunikan pasar ini adalah masih berlakunya sistem barter, dengan uang bukan sebagai alat transaksi utama.

2. Kawasan Wisata Siring

Taman Siring, berlokasi di tepi Sungai Martapura, merupakan tempat bersantai favorit di Banjarmasin. Selain nyaman untuk nongkrong dan bermain, taman ini menawarkan berbagai objek wisata yang memperkenalkan budaya Banjar.

Termasuk menara pandang Banjarmasin, rumah anu, pasar terapung Siring, dan patung bekantan yang menjadi salah satu ikon kota. Taman Siring menjadi ramai pada jam 5 sore hingga jam 12 malam, menjadi pilihan ideal untuk bersantai bersama keluarga.

3. Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern adalah destinasi wisata di Banjarmasin yang menawarkan beragam wahana yang cocok untuk segala kalangan. Mulai dari balita, anak-anak hingga dewasa, tersedia kolam water playground dengan wahana perosotan dan atraksi menarik.

Sumber: