7 Senjata Perang Israel yang Paling Ditakuti Dunia, Ada Senjata Kiamat Sampai Nuklir

7 Senjata Perang Israel yang Paling Ditakuti Dunia, Ada Senjata Kiamat Sampai Nuklir

Senjata Perang Israel yang Paling Ditakuti Dunia Internasional-Ist-

RADAR JABAR - Sejak awal berdiri pada tahun 1948, negara Israel kerap terlibat dalam konflik tanpa akhir dengan negara-negara tetangganya untuk bertahan dalam situasi tersebut. Ada beberapa jenis senjata perang Israel yang paling ditakuti dunia.

Negara ini menerima bantuan besar dari Amerika Serikat dan Jerman untuk membangun sistem pertahanan dan persenjataannya demi mempertahankan wilayah.

Selain itu, Israel juga berhasil bertransformasi menjadi negara dengan industri pertahanan lokal yang sangat kuat, mampu menghasilkan sistem senjata yang dikagumi di seluruh dunia.

Meskipun beberapa mungkin menganggap berlebihan, faktanya tidak dapat disangkal bahwa Israel memang menciptakan senjata yang ditakuti di dunia internasional.

7 Senjata Perang Israel yang Paling Ditakuti Dunia

Berikut ini adalah 7 jenis senjata Israel yang biasa digunakan dalam perang, bahkan salah satunya merupakan senjata nuklir yang sangat merusak.

1. Rudal Jericho

Dalam konteks konflik antara Hamas dan Israel sejak 7 Oktober, anggota parlemen Israel dari partai Likud, Tally Gotliv, mengusulkan penggunaan senjata kiamat, yaitu rudal Jericho.

BACA JUGA:Pasukan Tentara Israel Akui Tembaki Warga Mereka Sendiri, Pilot Sulit Bedakan Target

Rudal Jericho merupakan keluarga rudal balistik yang dikembangkan oleh Israel sejak tahun 60-an. Rudal-rudal ini dilaporkan berbasis di Zacharia, barat daya Tel Aviv, dan ditempatkan di goa-goa bawah tanah.

Program rudal Jericho awalnya merupakan kerja sama dengan perusahaan Dirgantara Prancis, tetapi Prancis menarik diri pada tahun 1969. Israel kemudian melanjutkan pengembangannya, dan saat ini sudah ada tiga versi peluncuran dari Jericho untuk memastikan keunggulan militer Israel di kawasan Timur Tengah.

Jericho TT (Tre) adalah rudal balistik antar benua bersenjata nuklir pertama kali diuji coba pada tahun 2008 dan mulai beroperasi pada tahun 2011. Panjangnya berkisar antara 15,5 hingga 16 meter, dengan diameter 1,56 meter, dan berat peluncurnya sekitar 29 ton.

Hulu ledak nuklirnya memiliki berat sekitar 750 kg. Jericho TT memiliki daya ledak antara 150 hingga 400 kiloton, yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bom atom yang meledak di Nagasaki pada tahun 1945 (21 kiloton).

Dengan jangkauan antara 4.800 hingga 6.500 kilometer, Jericho TT memiliki kemampuan untuk menjangkau hampir seluruh wilayah di Bumi. Kecepatannya yang tinggi juga memungkinkan senjata ini untuk menghindari pertahanan rudal anti balistik.

2. Tank Merkava Mark 5

Sumber: