Presiden Jokowi Lepas Kiriman Bantuan Indonesia untuk Warga Palestina di Gaza

Presiden Jokowi Lepas Kiriman Bantuan Indonesia untuk Warga Palestina di Gaza

Presiden Jokowi Lepas Kiriman Bantuan Indonesia untuk Warga Palestina di Gaza-Presiden Jokowi saat agenda pelepasan pengiriman bantuan di Base Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur di Jakarta, Sabtu (4/11) pagi -ANTARA/Andi Firdaus/aa

Radar Jabar – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI untuk warga Palestina di Gaza. Paket bantuan ini antara lain berjenis alat kesehatan serta makanan seberat total 51,5 ton.

 

“Alhamdulillah bantuan Indonesia untuk Palestina segera diberangkatkan menuju bandara El Arish Mesir dan diteruskan ke Gaza,” ucap Presiden Jokowi dalam agenda pelepasan pengiriman bantuan di Base Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur di Jakarta, Sabtu (4/11) pagi WIB, dikutip dari Antara.

 

Pelepasan pengiriman bantuan disaksikan oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun.

 

Sementara itu Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Lalu Panglima TNI Yudo Margono, serta KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto.

 

Jokowi menyebut bantuan seberat 51,5 ton tersebut berupa selimut tenda, bahan makanan, alat medis, serta bahan lainnya adalah tahap pertama bantuan kiriman dari Pemerintah Indonesia ke Gaza.

 

Bantuan itu, ujarnya, diangkut menggunakan tiga pesawat. Ini mencakup dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat Boing 737 Garuda Indonesia.

 

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan bantuan itu bukan hanya dari Pemerintah RI. Melainkan juga masyarakat dunia usaha yang disalurkan lewat lembaga kemanusiaan macam Kita Bisa, PMI, dan Baznas.

 

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima harus sesegera mungkin dihentikan,” terang Jokowi.

 

Presiden Jokowi pada kesempatan itu juga menegaskan lagi bahwa Indonesia akan senantiasa bersama dalam perjuangan bangsa Palestina.

Sumber: