7 Fakta Matsutake: Jamur Termahal di Dunia Punya Cita Rasa yang Tinggi!

7 Fakta Matsutake: Jamur Termahal di Dunia Punya Cita Rasa yang Tinggi!

7 Fakta Matsutake: Jamur Termahal di Dunia Punya Cita Rasa yang Tinggi!-Jamur Matsutake-Pixabay/spiagol56

RADAR JABAR - Jamur Matsutake, adalah salah satu jenis jamur termahal di dunia. Sebagai salah satu jamur termahal di dunia, seringkali orang masih belum mengetahu fakta matsutake ini.

Nama "matsutake" berarti "jamur pinus" dalam bahasa Jepang, merujuk pada hutan pinus tempat jamur ini tumbuh. Jenis jamur mikoriza yang dapat dimakan yang tumbuh di Asia Timur, Eropa utara, dan Amerika Utara. Ini sangat dihargai dalam masakan Jepang karena aromanya yang unik dan pedas. 

Matsutake tumbuh di bawah pohon dan biasanya tersembunyi di bawah serasah di lantai hutan, membentuk hubungan simbiosis dengan akar berbagai jenis pohon. Tentunya jamur ini dapat dihidangkan dengan cara yang serupa dengan jamur spesial lainnya: dikukus, ditumis, dipanggang, dipanggang, digrill, atau dimasak dalam kaldu bening

Jamur ini bukan hanya makanan lezat, tetapi juga memiliki sejumlah fakta unik yang membuatnya menjadi subjek minat dan kekaguman di kalangan pecinta kuliner dan ilmu pengetahuan alam. Berikut adalah beberapa fakta matsutake yang anda harus tahu.

1. Hubungan Simbiosis dengan Pohon Pinus

Jamur Matsutake tumbuh secara alami di hutan-hutan yang terutama dihuni oleh pohon pinus. Hubungan matsutake dengan pohon pinus sendiri merupakan contoh yang menarik dari hubungan simbiosis mutualistik antara jamur dan pohon.

Matsutake membentuk hubungan simbiosis dengan akar pohon pinus, membantu pohon dalam penyerapan nutrisi, sementara pohon pinus memberikan nutrisi kepada jamur melalui akarnya.

BACA JUGA:7 Budidaya Jamur Kuping yang Mudah yang Bisa Jadi Usaha yang Menjanjikan !

2. Aroma yang Kuat

Salah satu ciri khas utama jamur Matsutake adalah aromanya yang kuat dan unik. Aroma ini digambarkan sebagai campuran antara bau rempah-rempah, kayu pinus, dan aroma bumi yang khas.

Inilah yang membuatnya sangat dihargai dalam masakan Jepang dan menjadi bahan penting dalam beberapa hidangan klasik.

3. Harga yang Sangat Tinggi

Jamur Matsutake termasuk jamur termahal di dunia. Harganya bisa mencapai ratusan dolar per kilogram, tergantung pada jenisnya dan keberadaannya di pasaran.

Memiliki ukuran yang sangat besar, jamur matsutake juga ditemukan di lokasi langka bahkan bisa mencapai ribuan dolar per kilogram.

4. Beragam Jenis

Ada berbagai jenis jamur Matsutake yang tumbuh di berbagai wilayah, termasuk Matsutake Jepang (Tricholoma matsutake), Matsutake Korea (Tricholoma matsutake var. nauseosum), dan Matsutake Amerika Utara (Tricholoma magnivelare). Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan rasa yang sedikit berbeda.

BACA JUGA:6 Resep Masakan Praktis Bernutrisi yang Hemat Gas

5. Tradisi Panen yang Kuat

Pemanenan jamur Matsutake adalah tradisi yang kuat di Jepang. Setiap tahun, pada musim gugur, orang-orang berbondong-bondong ke hutan-hutan untuk mencari dan mengumpulkan jamur Matsutake. 

Sumber: