6 Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2023

6 Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2023

Rekomendasi kamera mirrorless terbaik dan murah tahun 2023 -Ist-

Canon EOS M200 mirip dengan pendahulunya, dengan layar 3 inci yang dapat dilipat hingga 180 derajat ke atas, serta flash dengan mekanisme pop-up yang sangat sederhana. Dengan bodi yang kompak dan kontrol yang mudah, kamera ini masih tidak memiliki viewfinder, hot shoe, atau port microphone eksternal.

Beberapa perubahan yang dilakukan termasuk penataan ulang tombol perekaman video yang sebelumnya berada di bagian atas, kini dipindahkan ke belakang kamera, menggantikan tombol WiFi yang berada di samping tombol menu.

Kamera mirrorless ini menggunakan sensor CMOS APS-C 24 Megapiksel dengan sistem autofocus Dual Pixel dan memiliki lebih banyak titik fokus, dari 49 menjadi 143. Dilengkapi dengan fitur face dan ID action yang bekerja dengan cepat dan konsisten dalam mengunci objek yang bergerak.

Kamera ini mengandalkan prosesor gambar terbaru di G8 yang meningkatkan kinerja keseluruhan. Mampu memotret hingga 6,1 FPS secara beruntun atau 4 FPS dengan autofocus, serta mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Harganya sendiri adalah sekitar Rp7 jutaan.

3. Panasonic Lumix DMC G85

Anda juga dapat mempertimbangkan Panasonic Lumix DMC G85. Meskipun terlihat seperti DSLR, Panasonic Lumix G85 sebenarnya termasuk dalam keluarga kamera mirrorless murah yang terbaik tahun 2023.

Kecepatan dalam menangkap objek dari Lumix G85 tidak perlu diragukan lagi, dengan sistem autofocus yang responsif yang memungkinkan kamera ini untuk fokus dalam waktu 0,07 detik. Selain itu, untuk memastikan ketepatan dalam pengambilan gambar, terdapat 49 titik fokus yang mempermudah deteksi objek.

Kemampuan fokus Lumix G85 sangat dipengaruhi oleh sensor Micro Four Third 16 MP yang diusungnya. Keberadaan prosesor ini juga meningkatkan ketajaman foto per piksel, sehingga foto yang dihasilkan memiliki kualitas ketajaman yang sangat baik.

Kamera ini juga mengembangkan kinerja mekanisme shutternya, menghasilkan suara shutter yang lebih senyap dibandingkan dengan produk sebelumnya.

Lumix G85 juga memiliki mode baru berupa mode elektronik pertama yang berguna untuk mengurangi kemungkinan adanya blur pada foto akibat getaran yang dihasilkan. Jika Anda tertarik, kamera mirrorless ini tersedia dengan kisaran harga sekitar Rp7 jutaan.

4. Sony Alpha a6400

Tidak lama setelah diperkenalkan pertama kali pada pertengahan Januari 2023 yang lalu, kamera mirrorless terbaru Sony Alpha a6400 kini telah resmi dirilis di pasaran Indonesia.

A6400 merupakan penerus dari Sony Alpha a6300. Salah satu keunikan kamera ini dibandingkan dengan kamera lain dari seri a6000 terletak pada layar sentuhnya yang bisa ditekuk hingga 180 derajat sehingga menghadap ke arah depan.

Fitur ini diklaim akan memudahkan pengguna dalam membidik diri sendiri, sesuai dengan target pasar Sony untuk Alpha 6400. Selain layar selfie, Sony a6400 juga dilengkapi dengan sistem autofocus terbaru dari Sony yang diklaim sebagai yang terkencang di dunia, dengan kecepatan mengunci fokus hanya 0,02 detik.

Sistem AF ini memiliki 425 titik phase-detection AF dan 425 titik kontras detect AF, mampu melacak fokus di objek yang bergerak cepat dengan mulus dan akurat.

Sumber: