Samsung Galaxy A25 5G Siap Menggila! HP Android Canggih Kemas Chip Exynos 1280, Layar AMOLED? Ini Bocorannya

Samsung Galaxy A25 5G Siap Menggila! HP Android Canggih Kemas Chip Exynos 1280, Layar AMOLED? Ini Bocorannya

Samsung Galaxy A25 5G Siap Menggila! HP Canggih Murah Spek Mewah Kemas Baterai & RAM ‘Badak’, Cek Bocorannya-Ilustrasi desain Samsung Galaxy A25 5G-X Antony @TheGalox_

Radar Jabar – Calon ponsel pintar Samsung A Series yaitu Galaxy A25 5G bakal siap menggila di pasaran. Samsung Galaxy A25 5G digadang-gadang sebagai smartphone berbanderol terjangkau tapi spesifikasi tergolong mewah untuk kelasnya, termasuk baterai dan RAM besar, dan inilah bocorannya.

 

A Series merupakan salah satu lini produk terkenal milik Samsung. Kini perusahaan tersebut sepertinya ingin menambahkan perangkat baru dalam roster serie A dengan meluncurkan produk bernama Samsung Galaxy A25 5G.

 

Galaxy A25 5G akan mengisi jajaran HP kelas entry-level dan berdasarkan beberapa sumber akan diluncurkan akhir tahun ini atau tahun 2024. Ponsel pintar ini juga disebut datang sebagai penerus Galaxy A24 yang sudah lebih dahulu rilis awal tahun ini.

 

Detail resmi tentang Samsung Galaxy A25 5G memang masih menjadi rahasi pihak pabrikan. Akan tetapi jelang jadwal peluncuran yang dirumorkan itu, bocoran spesifikasi utama dari smartphone itu sudah beredar luas di internet.

 

BACA JUGA:Samsung Galaxy A25 5G: HP 3 Kamera, Android 14, dengan 'DNA' Flagship? Rp3 Jutaan Gak Berchandya Kan?

 

Melansir dari GSM Arena, Galaxy A25 5G terlihat muncul di database online Geekbench beberapa hari lalu. Dalam daftar itu terungkap “otak” sang calon jagoan baru Samsung akan berbekal chipset Exynos 1280 milik perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

 

Exynos 1280 adalah prosesor dari Samsung yang diterapkan untuk HP kelas menengah, diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2022. Menurut laman resminya seperti dilansir dari Kumparan, chipset ini diracik dengan teknologi fabrikasi 5nm Extreme Ultraviolet Lithography (EUV).

 

CPU pada prosesor itu memakai dua Core Cortex AA78 berkecepatan 2,4GHz. Exynos 1280 pun lengkap dengan enam core Cortex A55, masing-masing punya kecepatan 2,0GHz.

 

Komponen penting lainnya pada chipset Samsung ini adalam mengandalkan GPU Mali G69 dengan prosesor AI kompatibel untuk RAM LPDDR4 serta storage UFS 2.2. Adapun keunggulan dari chipset ini terletak di segi konektivitas yang mendukung jaringan 5G.

 

Tidak lama dari kemunculan di listing Geekbench, daftar spesifikasi utama Galaxy A25 5G bocor di media sosial X. Adalah leaker dengan nama akun Antony @TheGalox_ yang membocorkan spesifikasi kunci ponsel tersebut.

 

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi Mewah Samsung Galaxy A25 HP 5G Murah: Baterai Besar, Exynos 1280, Android 14, Harganya?

 

Antony mengklaim perangkat baru ini akan memiliki layar sentuh AMOLED seluas 6,44 inci, kamera utama 50MP di bagian belakang. Spesifkasi layarnya ini sebelumnya pun sempat bocor melalui render berbasis CAD.

 

 

Pembocor tersebut tidak mengungkapkan spesifikasi kamera lainnya selain lensa utama. Namun mengacu pada beberapa sumber, HP baru ini akan mengandalkan sistem tiga kamera belakang dua lainnya ultra-wide 5MP, makro 2MP. Lalu di bagian depan ada kamera selfie 13MP.

 

Sementara itu kapasitas RAM dan baterainya pun akan besar, masing-masing 8 GB RAM serta baterai 5.000mAh yang mendapat dukungan fast charging 25 watt.

 

Daya tarik kecanggihan lainnya dari Samsung Galaxy A25 5G berdasarkan bocoran itu adalah aspek software-nya. Gawai ini disebut akan mendapatkan One UI 6 berbasis Android 14 sejak hari pertama, mengindikasikan peluncurannya tidak dalam waktu dekat.

 

BACA JUGA:HP Android Terlaris di Dunia Samsung Galaxy A14 5G Makin Murah! Ini Harga Terbarunya di September 2023

 

Meski faktanya seperti dalam cuitan Antony, mengungkapkan dengan samar-samar ponsel akan diluncurkan “dalam beberapa bulan mendatang”.

 

Bocoran render berbasis CAD juga sempat mengungkapkan dimensi Galaxy A25 5G adalah 162 x 77,5 x 8,3 mm serta terpasang jack headphone 3,5 mm.

 

Selain spesifikasinya yang sudah bocor, bagaimana dengan harganya? Belum ada bocoran dari tipster atau leaker tentang harga Samsung Galaxy A25 5G, meski situs 91mobiles.com menyebut harganya senilai 18.499 Rupee (sekitar Rp3.5 jutaan).

 

Sekadar mengingatkan bahwa bocoran-bocoran di atas masih bersifat rumor dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Kita tetap harus menunggu Samsung mengonfirmasi secara resmi spesifikasi dan tanggal perilisan Galaxy A25 5G.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: