Penyebab Kenaikan Terungkap! Daftar Harga BBM yang Naik Per Agustus dan Sepetember 2023

Penyebab Kenaikan Terungkap! Daftar Harga BBM yang Naik Per Agustus dan Sepetember 2023

Penyebab Kenaikan Harga BBM-Pertamina-

BACA JUGA:Imbas Kenaikan BBM, Harga Kedelai Mulai Merangkak Naik

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agung Pribadi memberikan penjelasan terkait factor penyebab harga BBM naik.

Menurutnya, kenaikan harga rata-rata minyak mentah global dapat ditarik sebagai alasan utama. Situasi ini dipengaruhi oleh adanya pemangkasan produksi yang dilakukan oleh negara-negara anggota OPEC+ seperti Arab Saudi dan Rusia. Keduanya mengalami pemangkasan produksi sebagai dampak dari konflik yang sedang berlangsung di antara mereka.

"Harga rata-rata minyak Mentah utama pada bulan Juli 2023 dibandingkan bulan sebelumnya juga mengalami peningkatan. Penyebabnya antara lain adanya indikasi terjadinya pengetatan pasokan minyak global, seiring pemotongan produksi OPEC+ terutama Arab Saudi dan Rusia, dan ekspektasi bahwa pengetatan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral AS dan Eropa akan berakhir, serta tambahan stimulus pada perekonomian China," jelas Agung, dikutip Ahad, 20 Agustus 2023.

Peningkatan pasokan minyak mentah dunia juga memberi dampak besar yang dipengaruhi perekonomian global.

"Peningkatan harga minyak mentah akibat perekonomian global, diantaranya karena pertumbuhan GDP AS pada Q2-2023 tumbuh melebihi 2,4%, yang menunjukkan bahwa ekonomi AS tetap relatif kuat meskipun ada serangan agresif dari pengetatan kebijakan Federal Reserve," ujar Agung.

Pada bulan Agustus ini, Pertamina kembali memutuskan untuk tidak mengubah harga bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 92, yang dikenal sebagai Pertamax.

Harga Pertamax hingga saat ini tetap stabil dan dijual dengan harga Rp 12.400 per liter. Bahkan, harga Pertamax masih lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenis dari tiga perusahaan swasta lainnya.

Contohnya, Shell Super dijual dengan harga Rp 13.280 per liter, BP 92 dijual seharga Rp 12.990, dan Revvo 92 dijual dengan harga Rp 13.087 per liter.

Persaingan Harga BBM RON 95

Namun sayangnya, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 95, seperti Pertamax Turbo, mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Sebagai perbandingan, saat ini harga Pertamax Turbo di seluruh stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) dijual dengan harga Rp 14.400 per liter, mengalami peningkatan sebesar Rp 400 per liter dari harga sebelumnya yang adalah Rp 14.000 per liter.

Di SPBU Shell, bahan bakar sejenis yaitu Shell V-Power dijual dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 14.190 per liter. Demikian pula, BP AKR juga menjual produk sejenis dengan nama BP Ultimate, yang dihargai sama, yaitu Rp 14.190 per liter.

Sementara itu, bahan bakar jenis RON 95 yang memiliki harga paling terjangkau saat ini adalah Revvo 95 dari Vivo, dijual dengan harga Rp 13.995 per liter.

Untuk bahan bakar mesin diesel, Pertamina juga telah menaikkan harga Dexlite menjadi Rp 13.950 per liter. Selain itu, harga bahan bakar diesel dari Pertamina, yaitu Pertamina Dex, juga mengalami peningkatan menjadi Rp 14.350 per liter.

Harga Solar Diesel

Sumber: