4 Tips Budidaya Ikan Gurame yang Perlu Diperhatikan Untuk Meraup Keuntungan Menggiurkan!

4 Tips Budidaya Ikan Gurame yang Perlu Diperhatikan Untuk Meraup Keuntungan Menggiurkan!

4 Tips Budidaya Ikan Gurame yang Perlu Diperhatikan Untuk Meraup Keuntungan Menggiurkan!--(Sumber Gambar: Pixabay/ to tthanan)

Radar Jabar - Taukah kalian bahwa ikan gurame memiliki peminat yang sangat banyak? Iya, karena ikan satu ini memiliki rasa yang begitu enak. Oleh karena itu budidaya ikan gurame ini sangat menguntungkan loh guys dan bisa peluang bisnis yang bagus untuk dijalankan.

Karena harga ikan gurame di pasaran bisa menyentuh angka 30 ribu untuk setiap ekornya. Keuntungan yang menjanjikan bukan? Namun, jika kalian berminat ingin melakukan budidaya ikan satu ini. Maka tips budidaya ikan gurame ini cocok, yuk simak yanh berikut ini:

1.Pemilihan Bibit Gurame

Dalam memulai budidaya ikan gurame, kalian harus sangat memperhatikan pemilihan bibit gurame. Pilihlah bibit yang baik dan juga berkualitas, secara kasat mata hal ini bisa dilihat dengan jelas.

Bibit yang memiliki kualitas yang baik adalah yang memiliki keserasian antara warna dan juga ukuran tubuhnya, tingkat keagresifan dan juga tahan arus.  

Berbeda dengan kualitas bibit ikan yang kurang baik, akan terasa dan bisa dibedakan secara kasat mata. Pasalnya, keberhasilan budidaya ikan terletak pada bibit yang digunakan, baik atau tidak.

Karena bibit yang berkualitas akan menghasilkan ikan gurame yang sehat dan juga besar. Yang tentu akan menguntungkan pembudidaya sendiri. Nah, jadi kalian harus hati-hati dan cermat ya guys sebelum memilih bibit ikan gurame ini.

2.Perawatan Kolam Ikan

Selanjutnya, yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan gurame adalah kalian perlu memperhatikan tentang perawatan terhadap ikan kolan. Hal ini akan sangat mempengaruhi ikan gurame yang dihasilkan. Berikut ini tips merawat kolam ikan yang baik:

1.Kalian harus menguras dan membersihkan kolam ikan secara rutin dan juga teratur, untuk memudahkan dan juga supaya tidak lupa, buatlah jadwal rutin terlebih dahulu. Karena kebersihan kolam ikan sangatlah penting.  

2.Selanjutnya, kalian juga bisa memeriksa alat pendukung kolam ikan secara berkala. Jangan sampai lupa ya.

3. Nah, setelah itu, berikan ikan makanan secukupnya, agar nutrisi nya tercukupi dan juga bisa cepat besar dan memiliki ukuran yang baik dan juga berat. Karena ukuran ikan yang besar memiliki harga yang tinggi dipasaran.

Jadi gimana sekarang kalian makin paham kan untuk membudidayakan ikan gurame ini?

 

BACA JUGA:Simak 5 Cara Budidaya Ikan Koi yang Aman Sehingga Memiliki Harga Tinggi di Pasaran

 

3. Tambahkan Eceng Gondok

Sumber: