Kenali Penyebab dan Cara Menghadapi Anak ADHD

Kenali Penyebab dan Cara Menghadapi Anak ADHD

Gejala ADHD pada anak perempuan mungkin tidak se-hebat gejala ADHD pada laki-laki-Unspl/davidsonluna-

RADAR JABAR – Apa itu ADHD? ADHD adalah Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang berarti gangguan mental yang menyebabkan anak sulit memusatkan perhatian.

Hidup di dunia yang begitu bising ini, kadang-kadang terasa sulit untuk berkonsentrasi. Hidup kita bergerak begitu cepat sehingga terasa kita selalu melakukan sepuluh hal berbeda sekaligus, dan hanya memperhatikan separuhnya.

Tetapi apakah Anda berpikir, "Semua orang mengalami hal yang sama, bukan?" "Iya, kan?" Hmm... bisa jadi demikian.  Atau mungkin, Anda menderita ADHD.

Orang yang mengidap ADHD memiliki sifat hiperaktif, pelupa, sulit berkonsentrasi, dan kurang teratur. Semua hal tersebut terdengar cukup umum, bukan?

BACA JUGA:Apa Sih ADHD Pada Anak? Berikut Pemicu Terjadinya ADHD dan Bagaimana Orang Tua Harus Bertindak!

Jadi, bagaimana kita dapat mengetahui apakah sifat-sifat Anda sebenarnya adalah gejala ADHD? Apa saja langkah-langkah perawatannya? Dan apakah ADHD bisa membuat Anda lebih pintar? Untuk mendapat jawaban semua pertanyaan ini, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghadapi Orang ADHD

Anak yang mengalami ADHD umumnya memiliki tiga gejala utama, yaitu kesulitan berkonsentrasi, hiperaktif, dan impulsif.

Contoh nyata dari gejala-gejala tersebut antara lain kesulitan memperhatikan pelajaran di kelas, kebiasaan berbicara terus-menerus, dan menggoyangkan kaki berulang kali saat seharusnya diam.

Namun, sering kali kita berpikir bahwa hanya karena kita sering melamun, itu tidak langsung berarti kita menderita ADHD. Ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi sebelum seseorang dapat didiagnosis menderita ADHD.

BACA JUGA:Ini Perbedaan ADHD dan Autisme

Oleh karena itu, diperlukan bantuan seorang psikolog profesional untuk melakukan diagnosa ini. Karena tidak semua penderita ADHD memiliki pengalaman yang sama.

Sebagai contoh, gejala ADHD pada anak perempuan mungkin tidak se-hebat gejala ADHD pada laki-laki. Dan karena itu, sering kali penderita tidak mencari perawatan karena merasa gejalanya tidak sesuai dengan gambaran penderita ADHD yang sering dilihat di media populer.

Perlu diingat bahwa ADHD bukanlah sesuatu yang bisa "diperbaiki". Karena penyebab ADHD berasal dari perbedaan fisik dalam otak penderita ADHD dibandingkan dengan anak yang tidak menderita ADHD.

Penelitian menunjukkan bahwa otak penderita ADHD memiliki ukuran sekitar 3% lebih kecil daripada otak orang yang tidak menderita ADHD.

Sumber: