5 Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Gangguan Mental di Era Digital, Jangan Remehkan Gejalanya!

5 Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Gangguan Mental di Era Digital, Jangan Remehkan Gejalanya!

Penyebab dan ciri-ciri orang gangguan mental di era digital-Pixab/Mohamed hasan-

Gangguan mental juga dapat disebabkan oleh faktor biologis dan faktor psikologis. Faktor biologis atau disebut juga gangguan mental organik disebabkan oleh gangguan pada fungsi sel saraf di otak, infeksi, kelainan bawaan, cedera otak, kekurangan oksigen pada otak bayi saat proses persalinan, riwayat gangguan mental pada orang tua atau keluarga, penyalahgunaan narkoba dalam jangka panjang, dan kekurangan nutrisi.

Sementara itu, gangguan mental yang disebabkan oleh faktor psikologis dapat terjadi akibat peristiwa traumatik seperti kekerasan atau pelecehan seksual, kehilangan keluarga, perceraian, anak korban perceraian, kurang kasih sayang, diremehkan, penindasan, kesepian, kurang mampu bergaul, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Orang Gangguan Mental

Setelah mengetahui penyebab mengapa orang bisa terkena gangguan mental, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri gangguan tersebut agar lebih peduli terhadap sesama:

1. Emosi tak teratur

Salah satu ciri orang dengan gangguan mental adalah keadaan emosinya yang sering kali berubah-ubah dan tidak bisa dikendalikan. Emosi ini dapat berupa kesedihan mendalam, rasa marah yang meledak-ledak, kesulitan mengekspresikan kegembiraan, dan putus asa berlebihan.

2. Merasa Tak Berarti

Ciri berikutnya adalah merasa tak berarti, sering merasa dirinya tidak berguna dan berarti, seolah tidak ada orang yang peduli pada keberadaannya dan tak ada yang menyayanginya. Yang berbahaya adalah ketika muncul pikiran untuk bunuh diri.

3. Kecemasan Berlebih

Kecemasan berlebihan juga menjadi ciri gangguan mental, mudah merasa ketakutan, gelisah, dan cemas yang berlebihan, hingga mudah gugup pada hal sepele. Gejala kecemasan berlebihan ini perlu mendapat perhatian lebih jika muncul jantung berdebar, sesak nafas, berkeringat, hingga pingsan.

4. Konsentrasi Sering Terganggu

Gangguan konsentrasi menyebabkan seseorang sering kehilangan fokus, melamun, pelupa, dan pikiran seakan susah untuk dikendalikan. Gangguan tidur juga menjadi masalah, dapat berupa sulitnya tidur tepat waktu, sering mimpi yang aneh, tidur yang tidak nyenyak, dan merasa tidak bergairah setelah bangun tidur.

Gejala orang dengan gangguan mental juga dapat tidur dengan waktu yang berlebihan karena merasa tak semangat menjalani hari-hari.

5. Nafsu Makan Berkurang

Orang yang sedang mengalami gangguan mental dapat menunjukkan perubahan nafsu makan, bisa menjadi sangat meningkat atau justru sangat menurun. Sehingga biasanya juga disertai kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat.

Namun, meski begitu, jika kamu atau orang yang kamu kenal menunjukkan tanda-tanda tersebut, jangan buru-buru melakukan self-diagnosis. Kamu dapat mencari bantuan ahli agar dapat memberikan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Itulah sederet penyebab dan ciri-ciri orang dengan gangguan mental. Pentingnya kesehatan mental seringkali terlambat disadari saat mengalami sedih berlebihan, cemas, stres, burn out, atau mengalami masalah yang membuatmu sangat terpukul.

Carilah dukungan dari orang yang tepat, sama halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga menjadi kebutuhan dasar yang akan mempengaruhi kualitas hidup kita. Bahkan, buruknya kondisi mental dapat menyebabkan berbagai penyakit fisik.

Sumber: