Simak 5 Cara Budidaya Ikan Koi yang Aman Sehingga Memiliki Harga Tinggi di Pasaran, Menggiurkan!

Simak 5 Cara Budidaya Ikan Koi yang Aman Sehingga Memiliki Harga Tinggi di Pasaran, Menggiurkan!

Simak 5 Cara Budidaya Ikan Koi yang Aman Sehingga Memiliki Harga Tinggi Dipasaran--(Sumber Gambar : Pixabay/Maximilian)

 

BACA JUGA:4 Tips Budidaya Ikan Gurame yang Perlu Diperhatikan Untuk Meraup Keuntungan Menggiurkan!

 

3. Kapasitas Ikan Harus Sesuai

Cara budidaya ikan koi selanjutnya adalah kalian harus melihat jumlah ikan dikolam, jangan sampai berlebihan. Pasalnya, ikan asal jepang ini memerlukan ruang gerak cukup dan juga bebas, supaya pertumbuhan ikan lebih cepat.

Pertumbuhan ikan koi dapat terhambat, jika di dalam kolam kapasitas ikan berlebihan.

Jadi sebaiknya, saat kalian akan memulai membudidayakan jenis ikan satu ini, jumlah ikan dalam kolam harus diperhatikan ya. Hal ini untuk menghasilkan ikan koi yang memiliki kualitas baik dan juga unggul.

Nah, apakah sekarang kalian sudah mulai tertarik menjadi pembudidaya ikan koi guys ?

4.Pentingnya Proses Pemijahan

Di dalam tahapan budidaya ikan koi proses pemijahan begitu sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, hal ini akan menjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis ikan koi ini loh.

Jadi, kalian harus menyediakan pejantan ikan lebih dari satu, hal ini untuk mengantisipasi jika ada penjantan yang tidak sehat. Siapkan saja 3 sampai 5 ekor saja.

Lalu masukkan indukan betina kedalam kolam pemijahan sekitar pukul 4 sore ya. Nah, proses ini sangat penting banget dalam membudidayakan ikan koi.

5.Menjaga Kebersihan Kolam

Dalam budidaya ikan koi kebersihan kolam menjadi hal utama yang sangat penting dan tidak boleh untuk diabaikan. Selain itu, perhatikan suhu dan juga tingkat kekeruhan air juga ya.

Karena jika air kolam keruh itu bisa menyebabkan ikan sakit dan juga dapat memperhambat proses pertumbuhannya loh.

Selain itu juga, air yang keruh dapat mengundang berbagai penyakit dan hama yang dapat mengintai ikan koi. Nah, jadi kalian harus merawat kebersihan kolam ya, supaya ikan koi yang kalian budidayakan sehat dan juga berkualitas.

Karena semakin berkualitasnya ikan koi, semakin mahal juga harganya dipasaran, karena salah satu hal yang menentukan terletak pada jenis serta ukuran ikan. 

Jadi, sebelum kalian ingin membudidayakan ikan koi, hal seperti pakan, benih ikan, kemudian kebersihan kolam harus terlebih dahulu dipastikan dengan matang ya.

Sumber: