Nokia G42 5G Hadirkan Inovasi Baru! Pengguna Bisa Servis Sendiri, Harga Cuma Segini

Nokia G42 5G Hadirkan Inovasi Baru! Pengguna Bisa Servis Sendiri, Harga Cuma Segini

Nokia G42 5G Hadirkan Inovasi Baru. Pengguna Bisa Servis Sendiri tanpa harus mendatangi jasa perbaikan ponsel. Punya Harga cuma Rp3 Jutaan.-Istimewa-

RADAR JABAR - Nokia telah meluncurkan G42 sebagai tambahan pada rangkaian smartphone mereka. Dalam menghasilkan G42, HMD sebagai perusahaan yang memproduksi Nokia telah berkolaborasi dengan iFixit untuk menyediakan panduan perbaikan serta suku cadang OEM seperti layar, baterai, dan port pengisian daya.

Nokia mengklaim bahwa G42 adalah ponsel 5G HMD pertama yang dapat diperbaiki oleh pengguna. Ponsel ini diklaim mudah untuk diperbaiki oleh pengguna saat mengalami kerusakan (repariability).

Reparabilitas yang dimaksud adalah kemampuan pengguna untuk mengganti baterai, layar, casing ponsel, dan colokan pengisian daya. Selain itu, smartphone ini juga menawarkan tingkat keberlanjutan (sustainability) yang handal.

G42 merupakan perangkat pertama dalam seri QuickFix yang memiliki konektivitas 5G. Seperti pendahulunya, Nokia G42 dirancang untuk memiliki daya tahan yang lama.

Spesifikasi Nokia G42 5G

Nokia G42 memiliki material bagian belakang yang terbuat dari plastik daur ulang dan dilengkapi dengan kamera utama 50MP (f/1.8), serta kamera makro 2MP dan modul kedalaman 2MP. Pada bagian depan, G42 menampilkan layar LCD IPS berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ dan kecepatan refresh 90Hz.

BACA JUGA:6 Hp Feature Phone Nokia Terbaik dengan Desain Klasik, Masuk Rekomendasi Vendor!

Layar ini memiliki lekukan tetesan air untuk kamera depan 8MP dan dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Nokia mengandalkan chipset Snapdragon 480+ sebagai otak dari G42, yang dipadukan dengan RAM 4/6GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13. HMD menawarkan jaminan pembaruan OS selama dua tahun dan pembaruan patch keamanan bulanan selama tiga tahun.

Nokia G42 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 20W. HMD mengklaim bahwa baterai ini dapat bertahan selama tiga hari dengan penggunaan rata-rata. Untuk memastikan daya tahan jangka panjang, serangkaian uji daya tahan dan kompresi baru telah dilakukan.

Baterai G42 diklaim mampu mempertahankan 80% kapasitasnya setelah 800 siklus penggunaan, yang sekitar empat tahun penggunaan normal. Selain itu, baterai ini juga diklaim mempertahankan 80% kapasitas aslinya setelah 800 siklus pengisian.

Fitur penting lain dari G42 meliputi sertifikasi IP52 yang memberikan tingkat perlindungan terhadap debu dan cipratan air, keberadaan jack headphone, dan pemindai sidik jari yang terletak di samping ponsel.

Nokia G42 dapat ditemukan dalam pilihan warna Ungu dan Abu-abu. Dalam hal reparabilitas, ponsel terbaru ini memiliki kesamaan dengan Nokia G22.

Artinya, jika terjadi kerusakan pada layar retak, baterai yang rusak, port pengisian daya USB Type-C, atau penutup belakang, pengguna tidak perlu pergi ke pusat perbaikan, melainkan dapat melakukannya sendiri.

Sumber: