7 Tips Liburan Hemat Agar Tidak Boncos, Liburan Nyaman Duit Aman!

7 Tips Liburan Hemat Agar Tidak Boncos, Liburan Nyaman Duit Aman!

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga--(Sumber Gambar: Pixabay.com)

RADAR JABAR - Liburan merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.

Namun, seringkali biaya yang dikeluarkan untuk liburan dapat menjadi beban yang berat bagi keuangan. Untuk itu, Kita perlu mengatur pengeluaran saat liburan.

Berikut ini adalah 7 tips liburan hemat yang dapat membantu Anda menikmati liburan tanpa harus menguras kantong.

BACA JUGA: Mau Liburan Ke Malang? Inilah 7 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Malang, Wajib Banget Kamu Kunjungi!

1. Rencanakan liburan dengan matang

Langkah pertama untuk liburan hemat adalah merencanakan dengan matang. Tentukan tujuan liburan Anda jauh-jauh hari sebelumnya dan lakukan riset mengenai destinasi tersebut.

Cari informasi tentang akomodasi, transportasi, dan tempat wisata yang ramah di kantong. Dengan merencanakan liburan dengan matang, Anda dapat memanfaatkan promo atau diskon yang mungkin ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa.

2. Pilih waktu liburan yang tepat

Selain merencanakan liburan dengan matang, pilih juga waktu yang tepat untuk berlibur. Hindari musim liburan yang padat, seperti musim panas atau akhir pekan panjang, karena harga akomodasi dan tiket transportasi cenderung lebih tinggi pada periode tersebut.

Cobalah untuk berlibur di musim low season atau saat-saat di luar periode liburan sekolah. Selain harganya yang lebih terjangkau, Anda juga akan menghindari kerumunan wisatawan.

3. Manfaatkan promo dan diskon

Jangan ragu untuk mencari promo dan diskon saat memesan akomodasi dan tiket transportasi. Banyak hotel, maskapai, dan situs perjalanan online yang menawarkan harga spesial atau paket liburan hemat.

Selalu periksa situs-situs tersebut secara berkala dan daftar untuk mendapatkan pemberitahuan tentang promo yang sedang berlangsung. Selain itu, manfaatkan juga program loyalitas atau keanggotaan untuk mendapatkan potongan harga tambahan.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Dieng! No 1 Ga Boleh Banget Kelewat!

4. Pertimbangkan alternatif akomodasi

Selain hotel, pertimbangkan juga alternatif akomodasi seperti menyewa apartemen, vila, atau rumah liburan. Biasanya, harga sewa akomodasi tersebut lebih terjangkau daripada menginap di hotel.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat uang dengan memasak sendiri di akomodasi tersebut daripada harus makan di restoran setiap kali. Jika Anda berlibur dengan keluarga atau teman, berbagi biaya sewa akomodasi juga dapat menjadi pilihan yang lebih hemat.

5. Jelajahi makanan lokal

Salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur adalah mencicipi makanan lokal. Hindari makan di restoran internasional atau tempat-tempat wisata yang harganya biasanya lebih mahal.

Sebaliknya, carilah warung atau kedai makanan lokal yang menyajikan masakan autentik dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber: