Honda Stylo 160 Bakal Mengadopsi Giorno, Bukan Scoopy Mesin Pakai PCX

Honda Stylo 160 Bakal Mengadopsi Giorno, Bukan Scoopy Mesin Pakai PCX

Prediksi Disain Honda Stylo Mengadopsi Giorno --

 

RADAR JABAR - Kabar akan hadirnya Honda Scoopy Stylo 160 memang menjadi pusat perhatian. Banyak pengamat otomotif sampai youtuber mengulas habis akan hadirnya motor yang diprediksi bakal menjadi motor sejuta umat versi skuter metik dari Honda. Tapi apakah benar informasi Honda Scoopy Stylo 160 itu bakal mengaspal? bocoran itu masih jauh dari kenyataan. Karena alih-alih Honda Scoopy Stylo 160 diproduksi, rencana Astra Honda Motor (AHM) kemungkinan besar malah tidak akan memproduksi motor jenis itu.

 

Tapi kemungkinan prediksi yang akan bakal mendekati kenyataan adalah akan hadirnya Honda Stylo 160, bukan Honda Scoopy Stylo 160. Dikutip dari chanel Youtube Iwan Banaran, kemungkinan besar yang akan hadir adalah Honda Stylo 160. Tak tanggung-tanggung, dirinya memprediksi, sekitar Desember 2023 atau awal Januari 2024 Honda Stylo 160 akan diproduksi masal. 

 

Dalam chanel tersebut, Iwan Banaran mengupas habis kemungkinan-kemungkinan AHM akan memproduksi Honda Stylo 160 dengan mengusung konsep retro disain milik Honda Giorno. Mulai dari disain head lamp, sein, hingga bentuk balutan cover motor semuanya dikonsep retro laksana Honda Giorno. Belum lagi teknologi pendukungnya yang akan didisain seperti motor-motor skuter metik ala Eropa. "Jadi kemungkinan besar AHM akan merebut pasar motor klasik seperti Vespa atau Yamaha Filano yang terlebih main di pasar skuter metik klasik," katanya. 

Tapi, menurutnya untuk produksi masal Honda Stylo 160 kemungkinan besar tidak akan dipasarkan di wilayah Indonesia tapi untuk pasar Eropa karena pertimbangan harga dan kapasitas produksi yang memang tidak akan terlalu banyak. "Tapi yang namanya prediksi bisa bener bisa meleset. Tapi yang jelas, produksi kandungan lokal dari dalam negeri akan dipasangkan dalam komponen motor Honda Stylo 160," sebutnya. 

 

Lalu, bagaimana kah disain konsep Honda Stylo 160 tersebut. Honda Stylo 160 akan mengadopsi sosok disain Honda Giorno. Konsep dari Giorno ini membulat dan membulat. Bahkan disain spionnya sendiri Giorno akan dibuat bulat dan klasik banget. Sementara untuk bagian belakang, adalah padan klasik dan futuristik sehingga bisa jadi untuk mereduksi pandangan tampilan yang terkesan retro habis.

 

Honda Giorno sendiri hanya ada di negeri asalnya yakni Jepang. Motor mini, dengan kapasitas mesin hanya 50 cc dengan diamater ban juga hanya 10 inci. Motor ini memang memiliki disain retro modern yang bentuknya lebih kecil dari Beat apalagi Scoopy dengan harganya yang berada di kisaran 14 jutaan (jika rupiahkan). 

 

Balik lagi ke Honda Stylo 160, IWB menjabarkan untuk disain mesin kemungkinan mengambil atau mengadopsi mesin PCX 160 karena jika dengan titel Scoopy Stylo 160 agaknya tidak pas karena mesin Scoopy sendiri hanya berkapasitas 125 cc dan ini tidak akan terjadi. "Jadi kemungkinan besar mesin akan menggunakan PCX 160 karena bobot untuk mengusung konsep retro dan bisa bersaing dengan kompetitor sebelumnya tidak akan bisa dengan dengan mesin Scoopy," ujarnya seraya mengatakan untuk konsumsi bahan bakar, Honda Stylo 160 kemungkinan akan irit dengan paduan dari mesin-mesin yang dirancang AHM. (*)

 

Sumber: iwd youtube chanel