Simak! 5 Faktor Penyebab Barcelona Sukses Jadi Juara La Liga 2022/2023

Simak! 5 Faktor Penyebab Barcelona Sukses Jadi Juara La Liga 2022/2023

Simak! 5 Faktor Penyebab Barcelona Sukses Jadi Juara La Liga 20222023-Barcelona Memastikan Juara La Liga 2022/2023 di Laga Kontra Espanyol, Senin (15/5) dini hari WIB.-Situs Resmi Barcelona www.fcbarcelona.com

Radar Jabar – Barcelona berhasil memastikan menjadi kampiun La Liga 2022/2023 dengan mengalahkan tuan rumah Espanyol di pekan ke-34. Terdapat lima faktor penyebab sehingga tim asuhan Xavi Hernandez tersebut sukses mengangkat trofi Liga Spanyol musim ini.

 

El Barca menaklukkan sang rival sekota 2-4 pada pekan ke-34 La Liga 2022/2023 hari Senin (15/5) dini hari WIB untuk mengunci gealr juaranya. Dalam laga yang berlangsung di Stadion RCDE tersebut tim tamu unggul 0-4 melalui gol-gol Robert Lewandowski (11, 40), Alejandro Balde (20), dan Julies Konde (53). Espanyol lalu mendapatkan dua gol ‘hiburan’ dari Javi Puado (73) dan Joselu (90+1).

 

Kemenangan tersebut mengukuhkan Gavi dkk di puncak klasemen dengan 85 poin dari 34 pertandingan dan memimpin 14 angka atas Real Madrid sang peringkat kedua. Mengingat liga menyisakan empat laga, Barca sudah tidak mungkin lagi terkejar karena Madrid hanya bisa menambah maksimal 12 poin.

 

Melansir dari The Trivela Effect, ada lima faktor krusial yang membuat Barcelona mampu merengkuh gelar juara La Liga 2022/2023.

 

1.      Manajemen pelatih Xavi Hernandez

Meski sempat menerima ‘banjir’ kritik di awal-awal musim plus tersingkir di dua ajang Eropa: Liga Champions dan Liga Eropa, Xavi mampu menghadirkan perubahan di klub Catalan. Dia punya visi yang jelas, cara untuk terhubung dengan para pemain, dan membawa level berkelas di tengah tekanan memimpin tim raksasa.

 

Xavi Hernandez juga mampu membawa Barcelona bangkit pasca tersingkir di kompetisi Eropa dan Copa Del Rey hingga akhirnya berhasil menjuarai Liga Spanyol. Bersama Xavi, yang menggabungkan ilmu lawas Barca dengan pendekatan baru untuk permainan modern, tim ini sudah terbukti.

 

2.      Pertahanan Terbaik di Liga

Faktor kedua keberhasilan juara Blaugrana adalah mereka memiliki pertahanan terbaik di La Liga 2022/2023, hanya kemasukan 13 gol dari 34 kali bertanding. Jumlah kebobolan tersebut dua kali lebih banyak dari tim dengan kebobolan paling sedikit kedua, Atletico Madrid, (27 gol) peringkat ketiga klasemen.

 

Rekrutan free agent Andreas Christensen telah menjadi bek tengah terbaik di liga musim ini, selagi Jules Kounde berhasil menampilkan performa sesuai ekspektasi. Kemudian Ronald Araujo benar-benar bek kelas dunia, dan Alejandro Balde sudah menjadi salah satu bek kiri terbaik di dunia.

 

3.      Peran Sergio Busquest dan Frenkie De Jong

Selain lini belakang, kekuatan lainnya Barcelona ada pada sektor gelandang terutama peran Busquest dan De Jong. Lini tengah tim ini mampu menciptakan peluang, dan paling penting adalah mengatur tempo permainan.

 

Busquest boleh telah ‘termakan usia’, namun selalu bermain dengan baik dalam laga-laga krusial melawan tim top seperti pertandingan bergengsi El Clasico notra Real Madrid. Sedangkan De Jong menunjukkan sebagai gelandang berkelas, selalu tahu kapan harus mendorong bola ke depan dan memperlambat tempo, juga menempatkan rekan setim penyerangnya dalam posisi bagus.

 

4.      Kebangkitan Marc-Andre Ter Stegen

Setelah performanya menurun tajam musim lalu, kiper Marc-Andre Ter Stegen kini telah bangkit. Kiper asal Jerman ini bahkan memiliki persentase penyelamatan terbaik di lima liga teratas Eropa untuk musim 2022/2023.

 

Ter Stegen sering menyelamatkan poin bagi Barcelona di banyak momen sehingga merupakan salah satu kunci mereka jura. Ia menunjukkan tingkat ketenangan dan performa tertinggi dalam 1v1, apalagi refleks serta kerja on-the-ball-nya pun memang termasuk yang terbaik di Eropa.

 

5.      Faktor Lewandowski dan Raphinha

Berbicara soal lini serang, Lewandowski serta Raphinha menjadi kunci utama suburnya Barcelona di Liga Spanyol. Selain beberapa kali menjadi penentu kemenangan timnya, Raphinha memberikan kontribusi lainnya seperti membuka ruang di kotak penalti lawan dan umpan silang kaki kirinya dari sisi kanan sangat gemilang.

 

Sementara itu Robert Lewandowski telah membuktikan kualitasnya sebagai striker komplit terbaik di Benua Biru, tidak hanya menjadi pencetak gol terbanyak sementara La Liga 2022/2023. Tapi Lewy pun rajin membantu Barca dengan menciptakan banyak peluang melalui assist dan kemampuan menahan bolanya.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: