Rasakan Kelezatan Kuliner Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah!

Rasakan Kelezatan Kuliner Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah!

Kuliner Khas Surabaya--Istimewa

Radar Jabar - Surabaya merupakan kota metropolitan yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata dan juga kulinernya yang sangat menarik. Kota ini terkenal dengan beragam kulinernya yang menjadi favorit bagi orang-orang di dalam dan juga luar kota. Di antaranya ada beberapa kuliner yang menjadi khas Surabaya dan terdapat beberapa yang menjadi primadona bagi pecinta kuliner dimanapun kalian berada. 

BACA JUGA:Berkunjung ke Jogjakarta? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas yang Legendaris ini!

Diantaranya terdapat beberapa kuliner khas Surabaya seperti rujak cingur, rawon, lontong balap, sate kerang, nasi krawu, lontong kupang, dan tahu tek Surabaya. 

Berikut ini merupakan beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib kalian cicipi!

  1. Rujak Cingur 
    Rujak Cingur merupakan campuran dari buah-buahan dengan sayur-sayuran yang dicampur dengan cingur sapi atau daging hidung sapi, dan dicampur dengan petis serta kerupuk udang.
  2. Rawon
    Rawon merupakan sup yang berwarna hitam yang terbuat dari ragam rempah-rempah seperti kluwak serta dicampur dengan potongan daging sapi dan telur asin. 
  3. Lontong Balap dan Sate Kerang
    Kedua kudapan ini merupakan makanan khas dari Surabaya yang menjadi kolaborasi yang sangat tepat. Perpaduan lonting, tahu goreng, taoge, dan lentho serta disajikan dengan kuah kaldu yang khas serta dipadukan dengan kerupuk udang. Sementara untuk sate kerangnya, memiliki rasa yang cukup unik karena menggunakan bahan kerang pentung yang masih segar serta sate kerang ini disajikan dengan saus kacang khas dari Surabaya.
  4. Nasi Krawu
    Nasi Krawu hampir mirip seperti nasi uduk namun berbeda dari bahan yang digunakannya, nasi Krawu sendiri menggunakan beras ketan hitam yang aromannya sangat harum. Lauk yang digunakannya juga disajikan adalah ayam sereh dan telur pindang.
  5. Lontong Kupang
    Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah lontong Kupang, kuliner ini olahan lontong yang padukan dengan Kupang atau kerang hijau yang segar. Lontong Kupang ini disajikan dengan kuah kaldu yang kental dan bumbu yang pedas. 
  6. Tahu Tek Surabaya
    Dan yang terakhir adalah salah satu kuliner yang paling favorit di Surabaya, Tahu Tek ini terbuat dari tahu goreng yang disiram dengan saus kacang hangat, kecap manis, bawang putih goreng dan disajikan dengan telur puyuh. 

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba kuliner khasnya. Mengunjungi Surabaya, wisatawan serta pengunjung domestik bahkan internasional wajib sekali mencoba kuliner khas Surabaya ini. 

BACA JUGA:Kuliner Legendaris Sukabumi: Menyajikan Kelezatan Khas Nusantara!

Rasakan kuliner khas Surabaya yang menggelitik lidah dan perut dalam satu kesempatan menjelajahi kota ini.

Sumber: