Berkunjung ke Jogjakarta? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas yang Legendaris ini!

Berkunjung ke Jogjakarta? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas yang Legendaris ini!

Kuliner Khas Jogjakarta--Istimewa

Radar Jabar - Jogjakarta merupakan salah satu Kota di Indonesia yang memiliki jutaan wisata kuliner yang paling digemari oleh banyak orang. kuliner di Jogja memiliki ciri khasnya tersendiri dengan bumbu-bumbunya yang memiliki cita rasa tersendiri. Sebagai Kota tujuan wisata, Jogjakarta menjadi pusat utama untuk dikunjungi sebagian masyarakat di Indonesia ataupun mancanegara. 

BACA JUGA:Green Canyon: Wisata Alam Menakjubkan Dekat Pantai Pangandaran

Ragamnya kuliner di Jogjakarta memberikan daya tarik tersendiri, hal ini ditunjukan dengan banyaknya wisatawan yang sengaja datang ke Kota tersebut untuk mencicipi makanan khasnya. Namun tahukah kamu bahwa Jogjakarta memiliki tempat-tempat kuliner yang melegendaris loh! Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasinya lebih lanjut.

Berikut ini deretan tempat kuliner khas Jogjakarta yang wajib kalian kunjungi

1. Gudeg Yu Djum 

Pertama ada Gudeg yang memiliki khasnya tersendiri, Gudeg Yu Djum ini tidak berkuah dan rasanya pun dominan lebih manis. Gudeg Yu Djum ini merupakan salah satu tempat makan yang paling laris di Jogjakarta, hal ini dibuktikan dengan banyaknya cabang yang tersebar terutama di Mbarek yang buka dari pukul 5 pagi. Proses memasaknya pun masih sederhana yaitu menggunakan kayu bakar.

2. Bakpia Kurnia Sari 

Selanjutnya ada Bakpia Kurnia Sari yang juga identik dengan makanan khas Jogjakarta. Bakpia ini sangat populer karena memiliki lapisan kulit bakpia yang tipis dan juga lembut. Walau tanpa pengawet tapi bakpia ini mampu bertahan 10 hari di dalam suhu ruangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Kopi Klotok 

Kopi Klotok ini merupakan sajian masakan yang bersahaja, seperti misalnya sayur lodeh, terong balado, dan lainnya. Rasanya sangat lezat dan juga memiliki cita rasa tersendiri yang menjadi khasnya. Untuk harga menunya, Kopi Klotok ini rata-rata dibawah Rp. 10.000. Pengunjung sudah dapat merasakan atmosfer pedesaan Jawa.

4. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah ini berada di kawasan Bulurejo yang menyediakan masakan tengkleng kambing muda yang disajikan dalam porsi besar. Rasanya sangat menggugah selera dan juga dengan porsi yang sangat besar, warung ini sangat ramai dikungjungi terutama pada jam-jam rawan lapar. 

5. Mangut Lele Mbah Marto 

Warung makan Mbah Marto memang cukup sulit untuk dicari, karena warung makan ini cukup nyempil ditengah perkampungan apalagi tak adanya papan petunjuk jalan. Mangut lele adalah masakan lele yang diasap bukan digoreng, inilah daya tarik kuliner Mangut Lele Mbah Marto yang menjadikannya makanan favorit di Jogjakarta.

Sumber: