Referensi Wisata Kuliner di Sumedang, Ini 9 Kuliner Legendaris Sumedang yang Lezatnya No Debat

Referensi Wisata Kuliner di Sumedang, Ini 9 Kuliner Legendaris Sumedang yang Lezatnya No Debat

Referensi Wisata Kuliner di Sumedang, Ini 9 Kuliner Legendaris Sumedang yang Lezatnya No Debat-Sate Iting salah satu tempat kuliner legendaris Sumedang-Tangkapan Layar YouTube Jacinda Filzah

Radar Jabar – Berikut sembilan kuliner legendaris Sumedang dengan rasa lezat no debat karena sudah terkenal kelezatannya. Kamu bisa menjadikan tempat-tempat kuliner legendaris tersebut sebagai referensi wisata kuliner saat berada di ‘Kota Tahu’.

 

Sumedang menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang kaya akan beragam makananmau pun minuman khas seperti paling populer adalah tahu Sumedang. Selain itu, kabupaten dengan tanggal hari jadi 22 April ini juga memiliki banyak kuliner legendaris.

 

Bahkan rasa kuliner-kuliner legendaris Sumedang tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah terbukti kelezatannya. Berikut ada sembilan kuliner legendaris Sumedang yang rasanya sudah terkenal lezat sehingga cocok sebagai destinasi wisata kuliner kalian.

 

1.      Rumah Makan Saung Teko

Saung Teko Sumedang adalah rumah makan khas Sunda dengan menawarkan berbagai macam menu unggulan yang sangat mengguggah selera.  Di antaranya aneka masakan ikan, aneka masakan ayam, aneka masakan sapi, sampai babat goreng.

 

Jika kalian penikmat makanan Sunda dan ingin mencicipi hidangan rumah makan Saung Teko, datanglah ke Jl. Raya Cimuja, Cimuja, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

2.      Rumah Makan Alam Sari

Rekomendasi hidangan lainnya bagi pencinta makanan Sunda yaitu rumah makan Alam Sari. sering menjadi tujuan persinggahan para traveler, rumah makan ini berlokasi di Jl. Abdurahman No.225, Kebonjati, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

Menu yang ditawarkan di rumah makan Alam Sari mulai dari aneka lauk nasi, lauk ikan, lauk bakso, hingga aneka sayur sop.

 

3.      Rumah Makan Saung Cibingbin 2

Rumah makan Saung Cibingbin 2 sangat cocok untuk yang ingin berwisata kuliner sembari merasakan suasana asri pedesaan. Fasilitasnya juga meliputi mushola, tempat parkir, dan toilet.

 

Rumah makan ini memiliki menu-menu seperti aneka masakan ikan, aneka masakan ayam, serta beberapa menu pelengkap. Rumah makan Saung Cibingbin 2 terletak di Jl. Kutamaya No.27, Kotakulon, Kec. Sumedang Sel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

4.      Tahu Palasari Sumedang

Meski tercantum nama tahu tetap ada pula banyak jenis hidangan lainnya di toko tahu Palasari Sumedang. Sebut saja ragam hidangan mie (mie babat sapi, mie sup pangsit dll), aneka ayam, nasi kari, hingga minuman-minuman panas dan dingin.

 

Masakan-masakan di sana juga segar dan rasanya lezat, jadi jika ingin mencobanya bisa mengunjungi di Jl. Mayor Abdurahman No.153 Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

5.      Tahu Citarasa

Toko tahu Citarasa menawarkan tahu lezat dengan harga super murah Rp600/buah dan bisa disantap bersama lontong mau pun cocolan sambel.

 

Sajian tahu di toko tersebut cocok dijadikan sebagai ‘buah tangan’, bersama oleh-oleh khas Sumedang lainnya yang tersedia di sana. Tahu Citarasa berlokasi di Jl. Mayor Abdurahman No.120, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

6.      Sate Iting

Sate Iting adalah rumah makan spesialis sate populer di kota Sumedang yang lingkungannya nyaman dan lokasinya mudah diakses. Rumah makan ini berada di Jl. Raya Cimayor, Bojongjati, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

Selain aneka hidangan sate macam sate ayam, sate kambing, dan sate kambing, ada pulan menu-menu lain semisal aneka nasi goreng, aneka sop, hingga sambal dada.

 

7.      Soto Bongko

Sumedang juga memiliki makanan khas soto yaitu soto bongko. Berbeda dengan hidangan soto lainnya yang ada di Indonesia, keunikan soto bongko adalah cara makannya. Bukan menggunakan nasi sebagaimana pada umumnya, soto bongko dimakan dengan lontong.

 

8.      Opak Ketan

Opak umumnya berbahan dasar singkong. Tapi di Sumedang ada opak ketan terbuat dari bahan beras ketan, dan juga memakai campuran kelapa. Campuran bahan ketan serta kelapa itu sekaligus merupakan kunci kelezatan opak ketan yang terkenal.

 

9.      Sale Pisang Manis

Sale pisang manis menjadi kuliner khas Sumedang lainnya yang mampu menandingi rasa lezat tahu Sumedang. Dijual dalam pelbagai pilihan ukuran dan kemasan, sale pisang dari ‘Kota Tahu’ ini menyajikan beragam rasa kekinian.

 

Demikian seputar informasi sembilan kuliner legendaris Sumedang yang cocok menjadi referensi wisata kuliner kalian bersama keluarga. Jangan lupa mengunjungi tempat-tempat tersebut jika ingin menikmati kelezatan kuliner Sumedang yang legendaris.

Sumber: