Tingkat Perceraian di Kabupaten Bandung Tertinggi Kedua se-Jawa Barat

Tingkat Perceraian di Kabupaten Bandung Tertinggi Kedua se-Jawa Barat

Pengadilan Agama Soreang Kelas 1B Kabupaten Bandung-Agi/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID, SOREANG - Kabupaten Bandung menjadi kedua paling tertinggi tingkat perceraian di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Pengadilan Agama Soreang Kabupaten Bandung Fathulloh saat ditemui, Rabu (3/5/2023).

Fathulloh menyampaikan jika tingkat perceraian di Kabupaten Bandung sangatlah tinggi.

“Memang untuk di Kabupaten Bandung sendiri bisa dibilang sangat tinggi ada di posisi kedua perceraian tertinggi di Jawa Barat setelah Indramayu dan mungkin Se-Indonesia,” ujar Fathulloh saat ditemui, Rabu (3/5/2023).

Fathulloh menjelaskan jika tingkat perceraian menjadi tertinggi, lantaran wilayah Kabupaten Bandung sendiri sangat luas dengan jumlah penduduk mencapai 3,7 juta jiwa.

“Per tahun sendiri tingkat perceraian di Kabupaten Bandung mencapai 10 ribu, jadi bisa dihitung rata-rata perbulan sekitar 700 perceraian,” katanya.

Selain itu Fathulloh menyampaikan jika rata-rata perceraian yang terjadi di landasi oleh faktor ekonomi dan juga gaya hidup yang sangat tinggi.

“Sebenarnya dengan gaji 2 sampai 3 juta itu sudah cukup asalkan lebih ke kebutuhan bukan gaya hidup,” jelasnya.

Meski begitu Fathulloh menyebut jika perceraian ini bukan hanya orang-orang yang bermasalah dalam perekonomian, namun orang-orang mampu pun ada yang mengajukan.

“Bahkan bos yang dikatakan sudah punya semuanya mereka juga tetap bercerai,” jelasnya.

Jadi menurutnya hal ini merupakan faktor dari mental berumah tangga yang kurang mampu dan juga faktor pemahaman keagamaan.

Menurutnya jika mental dan pemahaman agama yang kuat pastinya tidak akan ada terjadi perceraian. Sebab godaan dalam berumah tangga sudah pasti selalu ada.

“Kadang juga jika ekonomi bagus ada saja godaannya baik itu suami atau istri yang tergoda dengan pasangan lain,” sebutnya.

"Jadi kalau mentalnya sudah bagus, ilmu agama dan pemahamannya bagus, insha Allah tak akan terjadi perceraian," tuturnya.

Sumber: tingkat perceraian di kabupaten bandung tertinggi kedua se-jawa barat