35 Ribu Kendaraan per Hari Diprediksi Bakal Masuk Kota Bogor

35 Ribu Kendaraan per Hari Diprediksi Bakal Masuk Kota Bogor

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria.-Yudha Prananda / Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID, - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota memprediksi jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Bogor akan terus meningkat saat berlangsungnya arus mudik dan balik serta libur panjang Lebaran 2023.

Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menyebut, situasi meningkatnya arus kendaraan yang masuk ke Kota Bogor akan terjadi pada 18 April-1 Mei 2023 mendatang.

Bahkan, kata dia, per harinya jumlah volume kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Bogor bisa mencapai lebih dari 35.000 kendaraan. 

"Kita data tahun kemarin itu top up Bogor itu bisa mencapai 35.000, kalau saya lihat top up di gerbang tol Ciawi saja itu paling 24.000. Artinya kita harus antisipasi bahwa tahun ini, sehari keluar masuk dari Kota Bogor dan yang masuk tolnya saja itu bisa lebih dari 35.000," ungkapnya kepada JabarEkspres.com dikutip Jumat, 14 April 2023.

Jumlah tersebut, sambung dia, biasanya akan terjadi pada H+2 lebaran. Dimana kondisi itu bertepatan dengan masyarakat melakukan liburan ke sejumlah kawasan wisata di Kota Bogor, salah satunya Kebun Raya Bogor.

Sebab, berdasarkan data tahun lalu pihaknya mencatat jumlah masyarakat yang masuk ke Kota Bogor tembus diangka 300.000 orang. Maka, tidak menutup kemungkinan dimomen Lebaran 2023 ini jumlahnya bertambah sekitar 30 persen. 

"Sekarang kita kalikan, kurang lebih penambahannya 30 persen saja. Berarti lebih dari 300.000 bisa sampai 360.000 orang yang akan memasuki Kota Bogor," sebutnya.

Dirinya mengaku, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalulintas dan lainnya, pihaknya akan menyiagakan seluruh jajaran Satlantas Polresta Bogor Kota yang disebar disejumlah titik kerawanan dengan jumlah 124 personil.

"Saat ini kan personil kita ada 124 itu dikerahkan semua. Kita akan atur nanti jadwal piket, khusus dalam penanganan arus mudik dan balik. Kita membentuk tim urai kemacetan, nanti yang sifatnya mengatur teknis strategi-strategi untuk pengalihan arus sesuai levelnya," jelas Galih.

"Itu yang harus kita antisipasi jangan sampai perjalanan masyarakat terhambat, sekalipun ada kepadatan sekalipun ada kemacetan, tetapi kita usahakan tidak terlalu parah," imbuhnya.

Diketahui dalam rangka mengawal kegiatan arus mudik dan balik serta libur panjang Lebaran 2023, pada 18 April-1 Mei 2023 mendatang Polresta Bogor Kota menyiapkan enam pos pengamanan dan satu pos terpadu di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. 

Enam pos pengamanan tersebut bakal dihadirkan disejumlah titik-titik sentra kegiatan masyarakat. Di antaranya, di Kecamatan Bogor Tengah disiapkan di Kebun Raya Bogor dan Kecamatan Bogor Utara di Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Jalan KS Tubun.

Kemudian di Kecamatan Tanah Sareal disiapkan di Simpang Yasmin, sedangkan Kecamatan Bogor Timur di dekat bundaran Lippo Ekalokasari Plaza dan untuk Kecamatan Bogor Barat di Pos Polisi Bubulak, serta di Kecamatan Bogor Selatan diperbatasan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Sumber: