5 Keutamaan Salat Jumat Bagi Laki-Laki Muslim Lengkap dengan Dalilnya

5 Keutamaan Salat Jumat Bagi Laki-Laki Muslim Lengkap dengan Dalilnya

5 Keutamaan Salat Jumat Bagi Laki-Laki Muslim Lengkap dengan Dalilnya - Pixabay--

Radarjabar.disway.id  - Keutamaan salat Jumat bagi laki-laki muslim lengkap dengan dalilnya perlu diketahui para pemeluk Islam. Karena hari Jumat merupakan hari yang agung dan disucikan dalam islam.

 

Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan untuk memuliakan hari tersebut, termasuk dengan salat Jumat atau lebih dikenal Jumatan oleh orang Indonesia. Keutamaan salat Jumat bagi laki-laki muslim lengkap dengan dalilnya harus kamu ketahui.

 

Melalui firman Allah SWT yang tertuang dalam kitab suci Alquran, menegaskan pentingnya menunaikan salat Jumat, terutama bagi laki-laki muslim ;

 

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS. Al-Jumuah ayat 9).

 

Selain dalil di atas, beberapa ulama yang secara khusus menguraikan dalam karyanya, seperti kitab al-Lum'ah Fi Khashaish al-Jumat, karya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, dan banyak lagi.

 

Abu Hurairah RA meriwayatkan hadits dari Rasulullah saw tentang kemuliaan hari Jumat:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ. (رواه أحمد)

1. Pengganti ibadah Haji bagi yang tidak mampu

 

Keutamaan salat Jumat yang pertama ialah menerima ganjaran layaknya menunaikan rukun islam kelima, yaitu ibadah haji. Apalagi tak semua orang mampu menunaikan ibadah haji karena berbagai kendala.

 

Imam al-Qadla'i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda:

اَلْجُمُعَةُ حَجُّ الْفُقَرَاءِ

Artinya: "Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir."

 

Terkait hadits tersebut, Syekh Ihsan bin Dakhlan pun menjelaskan:

 

يَعْنِيْ ذَهَابُ الْعَاجِزِيْنَ عَنِ الْحَجِّ اِلَى الْجُمُعَةِ هُوَ لَهُمْ كَالْحَجِّ فِيْ حُصُوْلِ الثَّوَابِ وَاِنْ تَفَاوَتَ وَفِيْهِ الْحَثُّ عَلَى فِعْلِهَا وَالتَّرْغِيْبُ فِيْهِ

 

Sumber: