23 Titik PJU di Jalur Wisata Sukamakmur Diperbaiki, Target Akhir Tahun Bisa Terang

23 Titik PJU di Jalur Wisata Sukamakmur Diperbaiki, Target Akhir Tahun Bisa Terang

Petugas UPT P4 Wilayah II memperbaiki lampu penerangan di Jalan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.-(Foto: Sandika Fadilah/Jabar Ekspres)-

BOGOR, RadarJabar - Terkait minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur wisata, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, UPT Pengelolaan Prasarana dan Perlengkapan Perhubungan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor mulai memperbaiki beberapa titik lampu yang mati.

Hal ini dikatakan oleh Kepala UPT P4 wilayah II Yaya Kasya, dirinya mengungkapkan sudah melakukan pertemuan dengan Assosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Kecamatan Sukamakmur terkait dengan perbaika Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Kami melakukan perbaik di beberapa desa yakni Desa Sukaresmi, Desa Wargajaya dan Desa Sukamulya," kata Yaya Kasya kepada Jabar Ekspres, Minggu, 9 Oktober 2022.

Sebelumnya Camat Sukamakmur Bakri Hasan mengeluhkan terkait Penerangan Jalan Umum (PJU) yang hanya dipasang dibeberapa titik saja bahkan kurang dari tiga puluh persen untuk pengerjaan.

"PJU memang ada disini tapi hanya sedikit, saya bisa katakan 30 persen saja ke lokasi wisata malah gada," kata Bakri

Rata-rata yang berkunjung ke wilayah Sukamakmur hanya dilakukan pada jam siang saja, kekurangan PJU ini juga berdampak pada durasi berkunjung wisatawan di tempat wisata.

Menangapi keluhan dari kecamatan Sukamakmur UPT P4 wilayah II memperbaiki lampu yang mati serta memasang panel baru untuk penerangan di Jalan Sukamakmur tersebut.

"Kemarin perbaikan kita menurunkan dua tim yang satu di desa Sukamulya terpasang didepan desa dan vila khayangan," tambanya.

Sebanyak 2 panel untuk 20 titik lampu dipasang kan oleh UPT P4 wilayah II diantaranya di desa Cibadak 10 titik dari satu panel, dan desa Pabuaran 1 panel untuk 10 titik lampu penerangan.

Sedangkan untuk di Desa Sukamulya hanya dilakukan penambahan lampu penerangan di tiga titik jalan yang tidak ada penerangan.

"Jadi, total nya ada 23 titik dari 2 panel yang kita pasang sekarang sudah terang, sukamulya panelnya sudah ada jadi kita menambahkan saja di tiga titik," tambahnya.

Senada dengan Camat Sukamakmur Bakri Hasan, Yaya mengakui wilayah kecamatan Sukamakmur memiliki potensi wisata yang luar biasa, sehingga PJU sangat penting untuk diperbiki dan dilajukan penambahan lampu penerangan.

"Penambahan pasti ada saya akan beresin dulu untuk jalur dari tajur sampe ke arah cibadak. Karena disitu jalu wisata yah sedikit -sedikit akan mengajukan kabelnya," ucapnya.

Yaya Kasya menyangka atas tindakan orang  tidak bertanggung jawab yang mencuri kabel PJU sehingga mengakibatkan akses Jalan dari Desa Tajur kecamatan Citeureup menuju Kecamatan Sukamakmur menjadi gelap.

Sumber: Jabar Ekspres