IPRC Sebut Yana Mulyana dan Atalia Praratya Memiliki Elektabilitas Tinggi, Berdasarkan Survei

IPRC Sebut Yana Mulyana dan Atalia Praratya Memiliki Elektabilitas Tinggi, Berdasarkan Survei

Diskusi IPRC jelang pilwalkot Bandung 2024. Jum'at (2/9). -(Foto: Sandi Nugraha/Jabar Ekspres)-

BANDUNG, RadarJabar - Hasil survei jelang pemilihan walikota (Pilwalkot) Bandung 2024, Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menyebut ada lima nama yang memiliki elektabilitas tinggi dalam hajat demokrasi tersebut.

Kelima nama tersebut, yakni wali kota Bandung Yana Mulyana, istri Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya, M Farhan, Rafi Ahmad, dan budayawan Sunda yakni Budi Dalton.

Namun menurut Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar ada dua nama yang memiliki elektabilitas yang paling tinggi, yakni Yana Mulyana dan Atalia Praratya.

Hasil survei tersebut dilakukan pada periode 20-30 Juli lalu dengan metode multistage random sampling terhadap 1.002 responden di tiga puluh kecamatan Kota Bandung dengan margin error kurang lebih 3,2 persen.

"Kami menanyakan secara terbuka lebih jauh siapa kira-kira tokoh yang akan dipilih jika pilwakot hari ini. Yang pertama dipilih masyarakat Kota Bandung adalah Atalia Praratya 18,8 persen, Yana Mulyana 18 persen, M Farhan 5 persen, Budi Dalton 2,9 persen, Raffi Ahmad 2,2 persen," ujarnya saat memaparkan hasil Survei IPRC, di Hotel Newtown Bandung, Jum'at, 2 September 2022.

Selain lima nama yang memiliki elektabilitas tinggi, Idil juga mengungkapkan ada beberapa nama lainnya yang mendapatkan hasil survei tersebu, di antaranya adik Gubernur Jabar Elpi Nazmuzzaman sebanyak 2,2 persen, Nurul Arifin 1,7 persen, dan Edwin Sendjaya 1,1 persen.

"Seperti Siti Muntamah istri almarhum Oded M Danial, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan itu juga memiliki angka tapi berada di bawah satu persen," katanya

Sehingga jika dilakukan survei kepada nama-nama tersebut berdasarkan pertanyaan semi terbuka, hasilnya Yana Mulyana dan Atalia Praratya menduduki peringkat ke satu dan dua.

"Yana Mulyana berada di urutan pertama dengan angka 21,8 persen, Atalia Praratya 20,9 persen, M Farhan 4,8 persen, Elpi Nazmuzzaman 3,4 persen, Budi Dalton 3,3 persen dan Nurul Arifin 2,2 persen. Jadi Secara kompetitif dua nama ini (Yana Mulyana dan Atalia Praratya) yang paling tinggi elektabilitas," katanya

Ia menjelaskan, alasan kedua nama tersebut memiliki angka elektabilitas yang sangat tinggi dikarenakan seperti Yana Mulyana hingga saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Sedangkan untuk Atalia Praratya, merupakan istri dari Gubernur Jabar yang pada beberapa waktu lalu banyak diberitakan oleh media massa.

"Jadi masyarakat Kota Bandung masih melekat nama-nama ini," ungkapnya

Sementara, ketika disinggung sosok Rafi Ahmad yang masuk kedalam data survei, Idil mengungkapkan bahwa sosok tersebut merupakan public figur yang sangat terkenal dari Indonesia yang berasal dari Kota Bandung.

"Kalau untuk Budi Dalton karena yang bersangkutan budayawan. Sementara Elpi (Nazmuzzaman) merupakan adik Gubernur Jabar Kang Emil dan beberapa kali sempat diberitakan," katanya

Bahkan ia menuturkan, pihaknya sempat menanyakan kepada para responden terkait kualitas Wali Kota jika memimpin Kota Bandung.

Sumber: Jabar Ekspres