Kenali 3 Tujuan Utama Berhemat, Bukan Hanya Agar Kaya

Rabu 04-09-2024,20:12 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengendalikan gengsi. Gengsi dapat diartikan sebagai kehormatan atau harga diri yang dimiliki seseorang.

Terkadang, gengsi yang sehat dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk menjadi lebih baik. Namun, di sisi lain, gengsi yang berlebihan dapat menyulitkan dirimu sendiri serta hubunganmu dengan orang lain.

Lalu, bagaimana cara mengendalikan gengsi yang berlebihan? Ketika gengsi dimiliki dalam porsi yang tepat, ia bisa bermanfaat. Selain meningkatkan kepercayaan diri, gengsi juga dapat membangun kekuatan dan identitas tertentu dalam diri sendiri.

Namun, beberapa orang sering kali memiliki rasa gengsi yang berlebihan. Menurut Psikologi Today, gengsi dibentuk sebagai benteng terluar untuk menutupi kelemahan dan kekurangan pada diri sendiri. Tidak jarang, orang dengan rasa gengsi tinggi terbiasa berbohong seolah-olah mereka memiliki sesuatu padahal kenyataannya tidak.

BACA JUGA:6 Etika Meminjam Uang Kepada Teman Agar Temanmu Mau Meminjamkan

BACA JUGA:10 Cara Mengatur Uang Ala Orang Kaya, Lakukan Jika Ingin Sukses!

Hal ini dilakukan semata-mata agar mereka merasa lebih baik dari orang lain. Jika dibiarkan, gengsi yang berlebihan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mencegah rasa gengsi memasuki tahap yang tidak sehat:

1. Tetaplah Menjadi Diri Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan, orang dengan rasa gengsi berlebihan sering kali tidak ragu untuk berbohong tentang dirinya sendiri, misalnya mengenai harta, status, atau prestasi.

Mereka juga sering memaksakan diri mengikuti atau meniru orang lain yang belum tentu sesuai dengan kepribadian atau keadaan mereka. Hal ini biasanya dilakukan agar mereka dipandang lebih baik dan menutupi kekurangan yang ada pada diri mereka.

Padahal, menjadi diri sendiri dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki dapat berdampak positif, terutama pada kesehatan mentalmu. Rasa gengsi yang membuat kita selalu ingin lebih dari orang lain cenderung membuat kita lupa untuk bersyukur.

2. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Rasa gengsi sering kali membuatmu merasa tidak cukup dengan apa yang orang lain miliki. Misalnya, kamu selalu membandingkan prestasi dan pencapaianmu dengan orang lain, sehingga kamu tidak pernah merasa puas dengan diri sendiri.

BACA JUGA:7 Hobi Baru yang Bisa Dicoba untuk Mengisi Waktu Luang, Kamu Tertarik?

BACA JUGA:5 Dampak Yang Akan Terjadi Jika Emas jadi Alat Tukar Resmi Gantikan Uang

Padahal, harga diri setiap orang bersifat subjektif dan tidak dapat dibandingkan satu sama lain. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengendalikan dan mengatasi gengsi adalah dengan merasa bersyukur dan tidak membandingkan apa yang kamu miliki dengan orang-orang di sekitarmu.

3. Hindari Sikap Keras Kepala

Cara lain yang penting untuk mengatasi gengsi berlebihan adalah menghindari sikap keras kepala. Orang yang keras kepala sering kali meyakini bahwa pendapatnya paling benar dan menolak pendapat atau pandangan dari orang lain.

Kategori :