Sorot Ketimpangan Pendidikan, Cawagub Erwan Setiawan Janji Hapus Zonasi

Sorot Ketimpangan Pendidikan, Cawagub Erwan Setiawan Janji Hapus Zonasi

Calon wakil gubernur Jawa Barat, Erwan Setiawan, dalam acara sosialisasi program makan siang bergizi gratis oleh cawagub Jabar Erwan Setiawan, di Rumah Makan Sate Maranggi Ibu Maya, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat 11 Oktober 2024.-Jabar Ekspres-Istimewa

Radar Jabar Disway - Calon wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) Erwan Setiawan, menyoroti masalah pendidikan di wilayah tersebut, khususnya soal ketimpangan penerimaan siswa akibat sistem zonasi.

 

Bersama pasangannya, calon gubernur Jabar Dedi Mulyadi, dia berkomitmen untuk menghapus sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Itu berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD sampai SMA.

 

"Kami akan hilangkan sistem zonasi di sekolah-sekolah. Jadi tidak ada lagi sistem zonasi," papar Erwan kepada wartawan setelah acara sosialisasi program makan siang bergizi gratis oleh cawagub Jabar Erwan Setiawan, di Rumah Makan Sate Maranggi Ibu Maya, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat 11 Oktober 2024.

 

Tambah dia, tujuan subsidi untuk sekolah swasta adalah demi menghidupkan sekolah-sekolah tersebut supaya tidak berada di kondisi 'hidup segan mati tak mau'.

 

BACA JUGA:Aliansi Advokat Dukung Penuh Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar 2024

BACA JUGA:Survey Pilgub Jabar: Elektabilitas Dedi-Erwan Unggul, Syaikhu - Ilham Habibie Kedua

 

"Kita optimalkan sekolah negeri yang ada dan juga kita akan subsidi sekolah-sekolah swasta yang bisa bersinergi dengan program pemerintah," katanya.

 

Ia menyoroti masih banyaknya siswa tidak bisa melanjutkan pendidikan sebab ketidakseimbangan antara lulusan SD, SMP, SMA dengan jumlah sekolah yang tersedia.

Sumber: