10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Kotamu Termasuk?

10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Kotamu Termasuk?

Kota Biaya Hidup Termurah di Indonesia-Jember-

BACA JUGA:10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

5. Purwokerto - Jawa Tengah

Purwokerto adalah ibu kota dari Kabupaten Banyumas dan memiliki kondisi ekonomi yang cukup maju. Sektor-sektor seperti pariwisata dan pendidikan menjadi pendukung utama, sehingga Purwokerto dikenal sebagai salah satu daerah dengan biaya hidup termurah.

Banyak orang memilih Purwokerto sebagai kota untuk menetap saat pensiun. Nilai konsumsi rata-rata per rumah tangga pada tahun 2022 sebesar Rp5.881.121,39 per bulan.

6. Tegal - Jawa Tengah

Bergeser ke utara, ada Kota Tegal yang juga menyandang predikat sebagai salah satu kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia.

Daerah yang terletak di Pantura ini memiliki beberapa potensi ekonomi, seperti industri teh, batu akik, dan pariwisata. Kabupaten Tegal mempunyai nilai rata-rata konsumsi sebesar Rp5.867.107,31 per bulan.

7. Kudus - Jawa Tengah

Kudus adalah daerah di Provinsi Jawa Tengah yang juga memiliki biaya hidup yang rendah. Kabupaten ini dikenal dengan julukan "Kota Santri" dan sebagai daerah penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah.

Selain itu, Kudus memiliki potensi lainnya sebagai penggerak roda ekonomi, seperti industri manufaktur, pertambangan, dan pertanian. Rata-rata konsumsi per rumah tangga di Kabupaten Kudus pada tahun 2020 sebesar Rp712.306,74 per bulan.

8. Sibolga - Sumatera Utara

BACA JUGA:10 Kota Tergelap di Dunia dengan Malam Hari Panjang

BACA JUGA:10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

Beralih ke Sumatera Utara, Sibolga menjadi kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Kota ini memiliki beberapa potensi dari sektor pelabuhan, pariwisata, dan perikanan. Kota Sibolga mempunyai nilai rata-rata konsumsi sebesar Rp5.687.330,11 per bulan.

9. Maumere - Nusa Tenggara Timur

Maumere adalah ibu kota dari Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah ini memiliki beberapa sumber daya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat setempat, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Dengan biaya hidup sebesar Rp5.528.034,18, Maumere menempati posisi kedua sebagai daerah dengan biaya hidup terendah di Indonesia.

10. Cilacap - Jawa Tengah

Kota Cilacap secara berturut-turut menjadi kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, sebagaimana laporan SBH tahun 2018 dan 2022. Kondisi ekonomi di kota ini didukung oleh beberapa sektor, meliputi pertanian, kelautan, perikanan, peternakan, perkebunan, pariwisata, hingga industri.

Meskipun terbilang lebih maju dibandingkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Cilacap justru memiliki biaya hidup yang paling murah di Indonesia, yaitu sebesar Rp5.375.074,97 per bulan.

Sumber: