Jelang Pilkada 2024, Pemkab Magetan Gencarkan Edukasi Anti-Hoaks Secara Langsung ke Masyarakat

Jelang Pilkada 2024, Pemkab Magetan Gencarkan Edukasi Anti-Hoaks Secara Langsung ke Masyarakat

Ilustrasi--

RADAR JABAR - Jelang Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) aktif melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya hoaks politik.

 

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membagikan brosur sosialisasi di Alun-alun Magetan. 

 

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Bakesbangpol untuk menjangkau lebih banyak warga untuk menyampaikan pesan penting jelang Pilkada.

 

Plt Kepala Bakesbangpol Magetan, Yok Sujarwadi, menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih waspada terhadap informasi yang tidak benar, khususnya hoaks politik yang sering muncul menjelang pemilihan.

 

“Kami ingin masyarakat memahami pentingnya mengecek kebenaran informasi sebelum mempercayai dan menyebarkannya, terutama saat mendekati Pilkada. Warga diimbau untuk mencermati rekam jejak serta visi dan misi pasangan calon (paslon) dengan bijak,” ungkap Yok, Minggu 29 September 2024 seperti dikutip dari laman web Diskominfo Kabupaten Magetan. 

 

Ia menyampaikan, optimalisasi sosialisasi ini tidak berhenti disini, pihaknya juga melakukanya di sekolah, komunitas, kecamatan, hingga perangkat desa untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat.

 

Selain itu, Yok juga menekankan pentingnya memastikan setiap warga telah terdaftar sebagai pemilih. 

 

Sumber: