MotoGP Mandalika 2024 Sukses Digelar, Jumlah Penonton Tembus 120 Ribu Orang!

MotoGP Mandalika 2024 Sukses Digelar, Jumlah Penonton Tembus 120 Ribu Orang!

MotoGP Mandalika 2024 Sukses Digelar dengan Jumlah Penonton Meningkat--(Sumber Gambar: Antara)

RADAR JABAR - Perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari, dari tanggal 27 hingga 29 September 2024, sukses besar dengan jumlah penonton yang mencapai 120 ribu orang! Jumlah ini menjadi angka tertinggi dalam sejarah MotoGP Mandalika, mengalahkan rekor tahun-tahun sebelumnya.

Priandhi Satria, Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), menyatakan bahwa angka tersebut merupakan hasil data dari loket tiket dan penonton yang telah memindai barcode di pintu masuk menuju tribun. Dari total 134 ribu tiket yang tercetak, 120 ribu penonton hadir menyaksikan langsung ajang balap motor paling bergengsi ini.

"Kami belum memilah data berdasarkan hari, namun angka total penonton yang masuk sudah mencapai 120 ribu. Ini menunjukkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat," ujar Priandhi dalam konferensi pers di Media Center Sirkuit Mandalika, didampingi oleh Chairman MotoGP Mandalika Troy Warokka, Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady, dan perwakilan dari Kemenpar Ki Agus Irvan Faesal.

Priandhi juga menambahkan, jumlah penonton di tahun 2024 ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan MotoGP Mandalika tahun 2023 yang mencapai 102.929 orang, serta tahun 2022 yang mencatat 102.801 orang. "Ini adalah peningkatan yang menggembirakan, dan kami berharap tren positif ini bisa terus berlanjut," ujarnya.

 

BACA JUGA:Hasil Sprint Race MotoGP Mandalika: Bagnaia Menang, Unggul dari Bastianini dan Marquez

BACA JUGA:Luca Marini dan Oliveira Crash di MotoGP Mandalika 2023, Binder: Memang Salah Saya

 

Selain jumlah penonton yang meningkat, catatan positif lainnya adalah seluruh tenaga marshal yang bertugas di sirkuit pada tahun ini berasal dari tenaga lokal. Hal ini berbeda dari sebelumnya yang masih menggunakan tenaga dari luar daerah.

Para pembalap dan Dorna Sport, sebagai penyelenggara MotoGP, juga memberikan pujian atas kondisi lintasan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. "Mereka puas dengan kebersihan lintasan, pengecatan, serta persiapan yang dilakukan dengan lebih matang," ungkap Priandhi. Karena itu, ia berjanji persiapan MotoGP 2025 akan dilakukan dengan lebih maksimal lagi.

Chairman MotoGP Mandalika, Troy Warokka, juga turut menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat NTB dan pemerintah, terutama dengan kehadiran Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, Menpan RB Azwar Anas, serta Menpar Sandiaga Uno yang hadir lebih dulu.

"Kehadiran Presiden dan para menteri menunjukkan dukungan besar dari pemerintah, dan ini menjadi salah satu kunci suksesnya event ini," kata Troy.

 

BACA JUGA:Dorong Transformasi Digital Indonesia, ITDRI dan BRIN Kolaborasi Riset di Mandalika

Sumber: beranda antara