8 Manfaat Garam Bagi Kesehatan: Lebih dari Sekadar Penyedap Rasa!

8 Manfaat Garam Bagi Kesehatan: Lebih dari Sekadar Penyedap Rasa!

Manfaat Garam Bagi Kesehatan--(Sumber Gambar : Pixabay/mkupiec7)

BACA JUGA:Tips and Trik Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

 

5. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Nggak banyak yang tahu, tapi mineral dalam garam bisa bantu mengurangi hormon stres. Efeknya, tubuh jadi lebih rileks, dan ini bisa bantu kita tidur lebih nyenyak. Jadi, kalau kamu sering susah tidur, mungkin konsumsi garam yang pas bisa jadi solusi alami buatmu.

6. Detoksifikasi Tubuh

Garam juga bisa dipakai buat detoksifikasi, lho! Air garam dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh secara alami. Caranya? Bisa dengan berkumur atau minum larutan air garam sesuai takaran yang tepat. Ini bisa bantu membersihkan sistem pencernaan dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

7. Meredakan Gejala Eksim dan Jerawat

Kalau kamu punya masalah kulit seperti eksim atau jerawat, larutan air garam bisa jadi solusinya. Sifat antibakteri yang dimiliki garam dapat meredakan peradangan pada kulit, mengurangi gejala eksim, dan mempercepat penyembuhan jerawat. Gampang dan murah, kan?

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk eksim dan jerawat, garam juga bisa bantu menjaga kesehatan kulit secara umum. Garam dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit lainnya. Bahkan, ada yang suka mandi air garam buat bikin kulit lebih halus dan segar.

Meskipun garam punya banyak manfaat kesehatan, tetap harus bijak dalam mengonsumsinya ya. Asupan garam harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah nggak lebih dari 5 gram, atau sekitar satu sendok teh, per hari.

Kalau kebanyakan, malah bisa memicu masalah kesehatan seperti hipertensi dan penyakit jantung. Jadi, manfaatkan garam dengan baik dan pas, biar sehat dan masakan tetap lezat.

Sumber: berbagai sumber