8 Manfaat Garam Bagi Kesehatan: Lebih dari Sekadar Penyedap Rasa!

8 Manfaat Garam Bagi Kesehatan: Lebih dari Sekadar Penyedap Rasa!

Manfaat Garam Bagi Kesehatan--(Sumber Gambar : Pixabay/mkupiec7)

RADAR JABAR - Siapa sih yang nggak kenal garam? Bumbu dapur yang satu ini selalu hadir dalam hampir semua masakan. Tapi, tahukah kamu kalau garam punya manfaat kesehatan yang lebih dari sekadar bikin makanan jadi gurih?.

Garam adalah bahan dapur yang sering kita gunakan sehari-hari untuk menambah rasa pada makanan. Namun, garam juga punya banyak manfaat kesehatan yang nggak kalah penting. Yuk, kita bahas apa saja manfaat garam bagi tubuh kita.

Beberapa Manfaat Garam yang Bisa Bikin Kamu Lebih Menghargai Bumbu Sederhana Ini

1. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Garam mengandung natrium, yang penting banget buat tubuh kita. Natrium berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit yang penting untuk fungsi saraf, otot, dan menjaga cairan tubuh tetap seimbang. Elektrolit ini bikin tubuh bisa berfungsi dengan baik, mulai dari gerakan otot sampai aliran darah.

2. Membantu Pencernaan

Natrium dalam garam ternyata juga bantu merangsang produksi enzim pencernaan lho. Dengan adanya enzim ini, makanan yang kita konsumsi bisa dicerna dengan baik, dan nutrisi yang ada dalam makanan bisa terserap sempurna oleh tubuh.

Jadi, nggak cuma bikin makanan lebih enak, garam juga punya peran penting dalam proses pencernaan.

 

BACA JUGA:5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan: Memahami Keajaiban dalam Tetesan-Tetesan Kecil

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Akibat Konsumsi Garam Berlebihan

 

3. Mengatasi Dehidrasi

Garam juga jago banget dalam membantu mencegah dehidrasi. Dengan meningkatkan retensi cairan di tubuh, garam bisa bantu kita tetap terhidrasi, terutama saat kita lagi banyak aktivitas fisik atau berada di lingkungan yang panas. Itulah kenapa minuman elektrolit sering mengandung garam untuk menggantikan cairan yang hilang saat kita berkeringat.

4. Meringankan Gejala Fibrosis Kistik

Buat yang punya kondisi kesehatan seperti fibrosis kistik, garam bisa jadi penyelamat. Penderita fibrosis kistik sering kehilangan natrium melalui keringat, dan garam bisa bantu menggantikan natrium yang hilang itu. Ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga.

 

BACA JUGA:6 Manfaat Mandi Air Garam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sumber: berbagai sumber