Nisya Ahmad Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, Geser Thoriqoh Nasrullah

Nisya Ahmad Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, Geser Thoriqoh Nasrullah

Nisya Ahmad Dilantik Jadi DPRD Jabar--Jabar Ekspres

RADAR JABAR – Sebanyak 120 Anggota DPRD Jawa Barat hasil Pemilu 2024 telah resmi dilantik pada hari Senin, 2 September 2024. Pelantikan ini berlangsung di Gedung Merdeka. Namun, ada perubahan nama anggota DPRD yang dilantik pada kesempatan tersebut.

Nama yang mengalami pergeseran adalah Nisya Ahmad, adik dari Raffi Ahmad, yang menggantikan Thoriqoh Nasrullah Fitriyah dari Daerah Pemilihan Jawa Barat II. Keduanya merupakan politikus dari Partai Amanat Nasional.

Nisya Ahmad tidak tercatat dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Barat pada akhir Mei 2024. Saat itu, nama Thoriqoh Nasrullah Fitriyah masih terdaftar dengan perolehan suara sebanyak 58.495.

Sementara itu, Nisya Ahmad sebenarnya juga turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dengan perolehan suara sebesar 50.422, di bawah Thoriqoh.

BACA JUGA:Polsek Ciampea Bogor Lakukan Kegiatan Kontrol dan Pengecekan ke Tempat Tahanan: Agar Lebih Dekat Antara Polisi

BACA JUGA:120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Diharapkan Prioritaskan Kepentingan Publik

Ketua Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Adie Saputro, menjelaskan bahwa perubahan ini terjadi karena Thoriqoh mengundurkan diri dari posisinya sebagai caleg terpilih.

"Ibu Thoriqoh mengundurkan diri dari caleg terpilih," jelas Adie.

Proses penggantian calon terpilih ini telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan KPU telah mengonfirmasi keputusan ini kepada pihak partai politik serta pihak yang bersangkutan.

Adie juga menjelaskan bahwa ketika ada pergantian sebelum pelantikan, maka mekanismenya bukan melalui Pergantian Antar Waktu (PAW), melainkan melalui penggantian calon terpilih. Pergantian ini biasanya terjadi karena faktor seperti kematian, putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, atau pengunduran diri caleg terpilih.

BACA JUGA:Polisi Olah TKP, Terdapat Beberapa Faktor Sebabkan Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas di Cigombong Bogor

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas di Cigombong Bogor, 1 Orang Tewas dan 2 Orang Alami Luka

“Kami klarifikasi. Kami undang parpol terkait, termasuk pihak yang mengundurkan diri,” sambungnya.

Adie juga menambahkan bahwa pergeseran Anggota DPRD tidak hanya terjadi pada Nisya Ahmad, tetapi ada beberapa nama lain yang mengalami perubahan serupa. Misalnya, beberapa tokoh memilih untuk maju dalam Pilkada, seperti Luky Hakim. Selain itu, ada juga anggota DPRD yang posisinya digantikan karena meninggal dunia.

Sumber: