120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Diharapkan Prioritaskan Kepentingan Publik

120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Diharapkan Prioritaskan Kepentingan Publik

120 Anggota DPRD Jabar Dilantik, Diharapkan Prioritaskan Kepentingan Publik--Jabar Ekspres

RADAR JABAR- Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Barat periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin (2/9) di Gedung Merdeka, Kota Bandung. Para anggota dewan ini adalah hasil Pemilihan Umum 2024 yang berlangsung pada bulan Februari.

Dari komposisi tersebut, Partai Gerindra memperoleh 20 kursi, Partai Golkar dan PKS masing-masing 19 kursi, PDIP 17 kursi, PKB 15 kursi, Partai Nasdem dan Partai Demokrat masing-masing 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP 6 kursi, dan PSI mendapatkan 1 kursi.

Dilansir dari laman Jabarekspres.com, dalam pelantikan ini Ketua DPRD Jabar periode sebelumnya, Taufik Hidayat, menyampaikan bahwa selama periode 2019-2024, DPRD Jabar telah menyelesaikan berbagai tugas penting, termasuk mengesahkan 38 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Taufik juga menjelaskan bahwa DPRD telah berperan aktif dalam pengawasan dan pembahasan APBD Provinsi Jawa Barat selama lima tahun terakhir, serta menangani berbagai program pengawasan lainnya, seperti pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) setiap tahunnya.

 

BACA JUGA:Jalan Asia Afrika di Bandung Ditutup untuk Antisipasi Kemacetan Selama Pelantikan DPRD Jabar 2024-2029

BACA JUGA:Peresmian Daftar Nama Anggota DPRD Kabupaten Bogor Tahun 2024-2029 Telah Dilakukan

 

 

Selain itu, DPRD Jabar juga telah berhasil menampung 269 aspirasi masyarakat dalam periode tersebut, baik melalui surat maupun secara langsung.

Pada hari yang sama, Taufik Hidayat kembali dipilih sebagai Ketua Sementara DPRD Jabar, didampingi oleh Iwan Suryawan dari PKS sebagai Wakil Ketua Sementara. Mereka akan memimpin DPRD hingga terpilihnya pimpinan definitif dan alat kelengkapan dewan lainnya.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, juga menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan membacakan pesan dari Mendagri Tito Karnavian, yang menekankan pentingnya mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan golongan.

Sumber: