PLN Icon Plus dan Kemenkominfo Luncurkan Program Akselerasi Internet di Kabupaten Batang Jawa Tengah

PLN Icon Plus dan Kemenkominfo Luncurkan Program Akselerasi Internet di Kabupaten Batang Jawa Tengah

PLN Icon Plus dan Kemenkominfo Luncurkan Program Akselerasi Internet --(Sumber Gambar : Istimewa)

RADAR JABAR ,Batang, Jawa Tengah, 19 Agustus 2024 – Dalam langkah maju untuk mempercepat transformasi digital, PLN Icon Plus, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Pemerintah Kabupaten Batang melalui Diskominfo, meluncurkan program akselerasi internet. Program ini diharapkan membawa perubahan signifikan dalam perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Batang.

Peluncuran program akselerasi internet ini ditandai dengan pemasangan infrastruktur internet berkecepatan tinggi di beberapa area blank spot di Kabupaten Batang.

Infrastruktur ini memungkinkan akses internet yang cepat dan stabil bagi seluruh warga, serta mendukung penyediaan jaringan telekomunikasi dan teknologi yang bermanfaat untuk sosialisasi dan edukasi masyarakat mengenai manfaat transformasi digital sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang berlaku.

PLN Icon Plus memberikan dukungan digitalisasi layanan publik dengan menyediakan akses internet di 219 titik di tiga desa di Kabupaten Batang: Desa Banteng Kecamatan Tersono, Desa Gondang Kecamatan Blado, dan Desa Basani Kecamatan Blado.

 

BACA JUGA:PLN Icon Plus Sukses Dukung PLN Dalam Pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN

 

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan, PLN Icon Plus juga menyediakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan layanan internet gratis di Pos Keamanan Desa Banteng Kecamatan Tersono. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk administrasi desa, kependudukan, serta pembayaran pajak dan retribusi daerah.

"Kami berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo serta Pemerintah Daerah Kabupaten Batang yang telah mempercayakan kami untuk memenuhi kebutuhan sarana fiber optik guna mendorong pertumbuhan UMKM melalui akselerasi transformasi digital," ujar Deri Prasetio Utomo, General Manager PLN Icon Plus SBU Jawa Bagian Tengah. "Kami berharap, dengan akses internet yang lebih baik, UMKM di Desa Batang dapat terhubung dengan pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mereka melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Kemenkominfo juga menunjukkan komitmennya dalam mendukung program ini. "Program unggulan Kemenkominfo RI yang bersinergi dengan PLN Icon Plus difokuskan untuk memudahkan aksesibilitas warga di desa-desa yang belum terjangkau akses internet," kata Marvels Parsaoran Situmorang, Direktur Pengembangan Pita Lebar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo.

 

BACA JUGA:PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Barat Gelar HUT RI ke 79 dengan Masyarakat Kecamatan Tarogong Garut

 

Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, melalui perwakilannya menyampaikan bahwa akses internet yang merata adalah salah satu kunci kesetaraan pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. "Pemerintah berkomitmen untuk bekerja keras dalam menghadapi tantangan ini. Melalui kerja sama yang solid, diharapkan setiap individu masyarakat memiliki akses yang sama dalam mendapatkan manfaat dari teknologi informasi," ujarnya.

Sumber: