Bupati Dadang Supriatna Dinilai Sukses Menjadi Bapak Semua Agama di Kabupaten Bandung

Bupati Dadang Supriatna Dinilai Sukses Menjadi Bapak Semua Agama di Kabupaten Bandung

Umat Kristen dan Katolik di Kabupaten Bandung mengapresiasi sikap Bupati Dadang Supriatna yang telah menunjukkan komitmen dan perhatian kepada umat beragama di Kabupaten Bandung. --Yusup/Radar Jabar

RADAR JABAR - Umat Kristen dan Katolik di Kabupaten Bandung mengapresiasi sikap Bupati Dadang Supriatna yang telah menunjukkan komitmen dan perhatian kepada umat beragama di Kabupaten Bandung

Perwakilan pendeta umat Kristen, Pendeta Damanik Nainggolan mengatakan sekitar 200 ribu umat Kristen dan Katolik di Kabupaten Bandung sangat berterima kasih karena Bupati Dadang Supriatna mampu menjadi Bapak bagi semua umat beragama di Kabupaten Bandung. 

"Kami sangat gembira dan mengapresiasi komitmen Pak Bupati Dadang Supriatna. Ternyata Pak Bupati ini luar biasa, bisa jadi Bapak buat semua umat beragama di Kabupaten Bandung. Karena kami juga warganya Pak Bupati," ujar Damanik usai melakukan audiensi dengan Bupati Bandung, Selasa 8 Agustus 2024.

Ia menyebut sebagai Bupati Dadang Supriatna telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberikan perhatian dan merangkul semua agama termasuk kepada umat Kristen dan Katolik di Kabupaten Bandung. 

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI Ke-79, Pemkab Garut Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Menurutnya, Bupati Dadang Supriatna tidak hanya fokus pada penyediaan tempat ibadah, memfasilitasi acara keagamaan, namun juga berencana memberikan insentif tidak hanya bagi guru ngaji umat Islam, melainkan bagi para guru agama pemeluk agama lain di Kabupaten Bandung. 

"Pada hari ini sebuah anugerah bisa bertemu dan berdiskusi dengan Pak Bupati. Beliau berkomitmen membantu kami dalam memproses perizinan rumah ibadah dan memfasilitasi kami dalam perayaan-perayaan keagamaan," ujarnya.

Menurutnya, hal yang dilakukan Bupati Dadang Supriatna tersebut, sesuai dengan Peraturan Bersama 2 Menteri, di mana pemerintah daerah harus memfasilitasi seluruh agama yang diakui di Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, paparnya, perwakilan umat Kristen dan Katolik juga menyampaikan bahwa umat Kristiani memiliki misi dan tujuan yang sama untuk bersinergi dalam membangun Kabupaten Bandung. 

BACA JUGA:Bupati Kang DS Doakan Atlet PWI Kabupaten Bandung Juara di Ajang Porwanas XIV/2024 Banjarmasin

"Kami apresiasi tadi komitmen Pak Bupati untuk memfasilitasi IMB atau PBG bagi tempat ibadah yang sudah lengkap perizinannya dan selama ini sudah digunakan secara permanen. Kalau dulu jaman bupati-bupati sebelumnya kami dipersulit dan selalu dipatahkan oleh oknum-oknum," imbuhnya.

Damanik juga menyampaikan terima kasih terhadap rencana Bupati Dadang Supriatna yang akan memberikan insentif bagi para guru sekolah minggu serta memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Kami senang dengan respon beliau. Kami sangat berterima kasih. Itu yang kami rindukan selama ini. Ternyata selama ini Pak Bupati sudah menjalankan program pemberian insentif ini. Kami gembira jika ini terwujud," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Dadang Supriatna mengatakan sebagai pemerintah daerah pihaknya sudah menjadi kewajiban harus berbuat adil dan menghargai seluruh pemeluk agama di Kabupaten Bandung. 

Sumber: