10 Kota Hantu Tanpa Penghuni, Terpopuler di Dunia

10 Kota Hantu Tanpa Penghuni, Terpopuler di Dunia

Kota Hantu Tanpa Penghuni-Ist-

BACA JUGA:10 Negara Termiskin di Asia Pada 2024

Sayangnya, semua harus berakhir ketika bencana alam longsor menerpa Craco pada tahun 1960-an. Karena longsor yang terus-menerus, Craco akhirnya ditinggalkan penduduknya.

8. Agdam

Berlanjut ke Agdam, sebuah kota di Azerbaijan barat daya dan bagian dari wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Pada tahun 1993, Agdam mengalami serangan hebat dan pengepungan oleh pasukan Armenia. Akibat konflik ini, penduduk kota dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka, sehingga kota ini kemudian menjadi kota mati. Perang memang dapat mengubah segalanya.

9. Tyneham

Tyneham merupakan sebuah kota kecil di Inggris. Pada tahun 1943, selama Perang Dunia II, pemerintah Inggris memutuskan untuk mengambil alih desa Tyneham dan daerah sekitarnya untuk digunakan sebagai area latihan militer.

Penduduk desa diminta untuk meninggalkan rumah mereka dengan janji bahwa mereka akan diizinkan kembali setelah perang selesai. Meskipun mereka setuju untuk meninggalkan desa mereka, janji tersebut tidak pernah dipenuhi. Setelah perang berakhir, area tersebut tetap digunakan untuk latihan militer dan tidak pernah dikembalikan kepada penduduk asli.

10. Pripyat

Kota terakhir yang ditinggalkan adalah Pripyat, Ukraina. Pripyat ditinggalkan pada tanggal 4 Februari 1970 sebagai kota nuklir di Uni Soviet. Kota ini menampung karyawan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl dan karyawan pembangunan kota.

Pada tahun 1985, kota ini memiliki populasi 49.000 orang. Pada malam tanggal 26 April 1986, terjadi bencana Chernobyl ketika reaktor nomor 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meledak. Jarak ledakan hanya 3 km dari Pripyat, sehingga penduduk setempat terkena dampak langsung radiasi yang tinggi. Anehnya, Pripyat tidak segera dievakuasi.

Sumber: