Gejala Batu Ginjal Ini Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih

Gejala Batu Ginjal Ini Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih

Gejala Batu Ginjal Sering Muncul Pada Orang Jarang Minum Air Putih-Istimewa-

Terapi yang tersedia mulai dari obat-obatan sederhana hingga terapi yang lebih invasif, seperti terapi gelombang kejut (ESWL) untuk menghancurkan batu ginjal.

Ada juga prosedur operasi dengan luka kecil menggunakan alat endoskopi, dan operasi dengan luka yang lebih besar, tergantung pada lokasi dan ukuran batu ginjal.

Proses terjadinya batu ginjal dimulai dengan kurangnya asupan cairan. Ketika tubuh kekurangan cairan, urine menjadi lebih pekat, sehingga kristal-kristal lebih mudah terbentuk dan akhirnya membentuk batu.

Untuk jenis batu asam urat, jika kadar asam urat dalam darah tinggi, kristal asam urat dapat menempel di pembuluh darah dan kemudian masuk ke urine, yang lama-kelamaan akan membentuk batu asam urat.

Sedangkan batu jenis infeksi dimulai dari infeksi di saluran kemih. Fokus infeksi ini kemudian dikelilingi oleh kristal, yang akhirnya membentuk batu.

Faktor genetik juga berperan dalam pembentukan batu ginjal. Jika orang tua memiliki riwayat batu ginjal, anaknya berisiko mengalami hal yang sama. Namun, faktor gaya hidup juga sangat berpengaruh, terutama dengan memastikan asupan cairan yang cukup dan menjaga pola makan yang sehat untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Sumber: