Ketua Bawaslu Serukan Seluruh Anggota Provinsi Serta Kabupaten/Kota Bersinergi di Pemilihan Serentak 2024

Ketua Bawaslu Serukan Seluruh Anggota Provinsi Serta Kabupaten/Kota Bersinergi di Pemilihan Serentak 2024

Ketua Bawaslu Serukan Seluruh Anggota Provinsi Serta Kabupaten/Kota Bersinergi di Pemilihan Serentak 2024 --(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, menyerukan kepada seluruh ketua dan anggota Bawaslu provinsi serta Bawaslu kabupaten/kota untuk bersinergi dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024. Seruan ini bertujuan untuk mendorong administrasi yang efisien dan penyerapan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

Bagja menekankan pentingnya koordinasi yang terbuka dan transparan di lingkungan kerja Bawaslu. "Tolong pimpinan secara terbuka ungkapkan isu yang relevan pada proses pemilu dan proses administrasi kepemiluan. Termasuk masalah keamanan, kecurangan, kekurangan dalam administrasi dan teknis," ujar Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan bahwa ketidakpatuhan dan kurangnya keterbukaan terkait administrasi harus dihindari agar pekerjaan tidak terhambat. Koordinasi yang efektif dan transparan dianggap esensial untuk keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

 

BACA JUGA:Bawaslu RI Serukan Netralitas ASN, TNI/Polri, dan Pejabat Negara dalam Pilkada 2024

 

Bagja juga mengingatkan adanya kemungkinan meningkatnya program dan pengawasan saat pilkada. "Kami harapkan kita bisa melakukan dukungan pada sekretariat dengan baik dan juga pihak sekretariat membantu teman-teman ketua dan anggota," jelas Bagja.

Di sisi lain, Inspektorat Utama (Irtama) Bawaslu, Rini Wartini, menekankan pentingnya dukungan administrasi dan teknis yang benar dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Saya berharap kira semua jajaran sekretariat memberikan dukungan administrasi dan teknis secara maksimal dengan memperhatikan ketentuan pengelolaan keuangan," kata Rini.

 

BACA JUGA:Bawaslu RI Sebut Terjadi Gangguan Keamanan di KSK PSU Kuala Lumpur Malaysia

 

Rini juga menyarankan agar kegiatan yang disusun memperhatikan tahapan Pemilihan Tahun 2024 dengan berdiskusi lebih awal antara komisioner dengan jajaran sekretariat. "Kegiatan yang disusun harus memperhatikan tahapan Pemilihan Tahun 2024 harap berdiskusi lebih awal antara komisioner dengan jajaran sekretariat sehingga saling terbuka dan diharapkan tidak ada saling curiga," pungkasnya.

Dengan sinergi yang kuat, transparansi, dan akuntabilitas yang terjaga, diharapkan Bawaslu dapat menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2024 dengan lebih baik dan lancar, serta menjaga integritas proses demokrasi di Indonesia (*).

Sumber: branda antara