7 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Oleh-Oleh

7 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Oleh-Oleh

Makanan Khas Kuningan bisa dijadikan oleh oleh --Foto: Pixabay

Raragudik dibuat dalam ukuran besar kemudian dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Raragudik rasanya tidak terlalu manis, tetapi tetap legit.

Raragudik juga biasa disebut dodol keureut karena bentuknya sudah dipotong-potong seperti koin tebal.

5. Emping Melinjo

Emping adalah makanan kecil yang terbuat dari biji melinjo atau dalam bahasa Sunda disebut tangkil. Melinjo dipipihkan dengan ukuran yang bervariasi, ada yang kecil dan ada yang besar tergantung selera.

Emping melinjo sudah diolah dengan berbagai rasa, ada yang manis, asin, dan pedas. Biasanya emping dengan aneka rasa hanyalah untuk emping dengan ukuran kecil, sedangkan untuk emping ukuran besar biasanya dengan rasa original sebagai teman makan nasi.

Emping Melinjo yang terkenal dari Kuningan adalah Emping melinjo produksi dari desa Karangtawang.

6. Jawadah

Jawadah adalah makanan sejenis dodol dengan bahan utama beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Jawadah berbeda dengan jenis dodol, baik dari rasa maupun bentuknya. Jawadah dibuat dalam ukuran besar kemudian dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Resto Bandung yang Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Jawadah rasanya tidak terlalu manis, tetapi tetap legit. Jawadah juga biasa disebut dodol keureut karena bentuknya sudah dipotong-potong seperti koin tebal.

7. Kwecang

Kwecang adalah makanan khas Kuningan yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Kwecang dibuat dalam ukuran besar kemudian dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Kwecang rasanya tidak terlalu manis, tetapi tetap legit. Kwecang juga biasa disebut dodol keureut karena bentuknya sudah dipotong-potong seperti koin tebal.

 

Sumber: