7 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Oleh-Oleh

7 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Oleh-Oleh

Makanan Khas Kuningan bisa dijadikan oleh oleh --Foto: Pixabay

RADAR JABAR – Kuningan, sebuah kabupaten di Jawa Barat, dikenal dengan berbagai makanan khas yang memiliki cita rasa legendaris dan lezat.

Berikut 7 makanan khas Kuningan yang wajib dicoba:

1. Nasi Kasreng

Nasi Kasreng adalah makanan khas Kuningan yang terkenal dengan lauknya yang unik. Lauknya terdiri dari udang rebon, tauge mentah, dan sambal.

Cara membungkusnya juga unik, menggunakan kertas nasi yang dilipat lancip ke atas seperti kerucut.

Nasi Kasreng dapat ditemukan di wilayah Luragung dan juga tersedia di pasar atau jalan-jalan utama dengan bentuk warung yang beraneka macam.

2. Gemblong/Kecimpring

Gemblong atau Kecimpring adalah keripik yang terbuat dari ketela pohon yang diolah dengan berbagai bahan lain sehingga menjadi keripik yang gurih.

Gemblong akan semakin nikmat sebagai teman makan bakso, soto, mie ayam, atau mie goreng. Rasa rempah yang khas dan tekstur keripik yang renyah membuat Gemblong mempunyai cita rasa tersendiri.

BACA JUGA:Ini Resep Rahasia Sambal Kecombrang yang Wajib Dicoba di Rumah, Dijamin Bikin Ketagihan!

Gemblong Kuningan berbeda dengan Gemblong dari daerah lain yang biasanya berupa makanan manis dengan bahan baku utama beras ketan.

3. Gadung

Keripik Gadung adalah keripik yang terbuat dari sejenis umbi yang bernama gadung. Tanaman Gadung banyak tumbuh di ladang-ladang perkebunan di Kuningan.

Tidak semua orang bisa mengolah gadung menjadi keripik, karena jika tidak diolah dengan benar bisa menjadi beracun.

Untuk menghilangkan racunnya, umbi Gadung yang sudah dibersihkan dan diiris tipis kemudian diperam dengan abu dan dijemur.

Keripik Gadung rasanya khas dan tidak terlalu keras, berbeda dengan keripik umbi atau keripik ketela pohon.

4. Raragudik

Raragudik adalah makanan khas Kuningan yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Raragudik berbeda dengan jenis dodol, baik dari rasa maupun bentuknya.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Cumi Asam Manis yang Lezat

Sumber: