Melonjaknya Jumlah Wisatawan, Pemkab Bandung Siapkan Tenaga Lokal Desa Wisata Tour Guide

Melonjaknya Jumlah Wisatawan, Pemkab Bandung Siapkan Tenaga Lokal Desa Wisata Tour Guide

Dengan Melonjaknya Jumlah Wisatawan, Pemkab Bandung Siapkan Tenaga Lokal Desa Wisata Tour Guide--Istimewa

RADAR JABAR - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung mencapai 6 juta sampai 7 juta jiwa pada setiap tahunnya. Melihat kunjungan wisatawan yang cukup signifikan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Ketenagakerjaan berusaha untuk memanfaatkan potensi dan peluang usaha atau bisnis pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan  masyarakat.

Atas dasar potensi kunjungan wisatawan itu, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung melaksanakan pelatihan tour guide dengan sasaran para pemuda setempat yang akan dipersiapkan sebagai pekerja lokal yang berkaitan dengan pesatnya kunjungan wisatawan yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Bandung. tour guide adalah seseorang yang bertugas untuk memandu wisatawan dalam perjalanan wisata.

Pada Rabu (3/7/2024), Dinas Ketenagakerjaan menghadirkan puluhan warga usia produktif yang umumnya dari kalangan generasi muda yang tersebar di Desa Karya Laksana Kecamatan Ibun dan Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung di sebuah rumah makan di Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran Desa Cimalaka Kecamatan Baleendah. 

Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Ketenagakerjaan H. Rukmana mengatakan, bahwa puluhan generasi muda yang berasal dari sejumlah desa itu dibekali pendidikan dan pelatihan tentang tour  guide. 

 

BACA JUGA: Pengerjaan Selama 8 Hari, Kapolresta Bandung Resmikan Rumah Layak Huni di Pameungpeuk

 

"Dengan harapan mereka setelah  memahami tentang tour guide tersebut berdampak pada ekonomi masyarakat. Selain itu dapat mengurangi angka pengangguran, sebagaimana yang menjadi harapan pemerintah maupun  masyarakat," tutur Rukmana di sela-sela pelaksanaan pelatihan tour guide. 

"Kami melihat kunjungan orang atau wisatawan ke Kabupaten Bandung itu mencapai 6 sampai 7 juta setiap tahunnya. Inilah yang menjadi dasar kami melaksanakan pelatihan tour guide," imbuhnya. 

Melihat kunjungan wisatawan itu, kata Rukmana, bagaimana pemerintah mempersiapkan tenaga kerja lokal untuk mengimbangi desa wisata di Kabupaten Bandung yang perkembangannya cukup pesat dan banyak.

"Orang-orang yang ada di desa wisata itu harus dibekali dengan keterampilan untuk menjadi seorang tour guide. Sehingga dapat menambah penghasilan, mereka dapat pekerjaan di tengah ekonomi yang kurang bagus," tuturnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bandung dibawah kepemimpinan Bupati Bandung Dadang Supriatna, kata Rukmana, terus melaksanakan pelatihan bagi para pencari kerja mendapatkan kesempatan yang baik untuk menjadi bagian dari bisnis pariwisata itu. 

"Untuk apa? Agar mereka tidak nganggur. Di saat sebelumnya mereka bekerja di pabrik, kemudian keluar dari pekerjaan itu, bisa bekerja menjadi tour guide," harapnya. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan ini  mengatakan bahwa melaksanakan kegiatan pelatihan tour guide itu, karena tempat-tempat wisata di Kabupaten Bandung cukup banyak.

Sumber: